Rabu, 26 Juni 2019

Tentang Kami

Sekali peristiwa pada Mei 2018, sejumlah pegiat teknologi blockchain di Medan, Indonesia menyadari sangat banyak wacana seputar blockchain dan mata uang kripto kurang diakomodir oleh media massa arus utama (mainstream). Jikalaupun ada, tidak sedikit informasi yang tidak akurat, bias dan cenderung menyesatkan, mulai dari tuduhan penyebab pencucian uang hingga pendanaan aksi terorisme.

Kami menilai itu akan berdampak buruk terhadap ekosistem blockchain Indonesia secara umum. Sebab, media arus utama sejatinya memiliki keterbatasan pemahaman dasar tentang teknologi dan aset baru itu. Di industri media massa, ketidakpahaman jurnalis dicerminkan oleh ketidakakuratan informasi dan ini berdampak lurus kepada wacana pembaca.

Berpijak pada hal tersebut, pada Agustus 2018, kami memutuskan mendirikan PT Blockchain Media Indonesia sebagai perusahaan media yang menaungi media siber Blockchainmedia.id sebagai produk utama. Selain jasa pemberitaan, perusahaan juga memiliki divisi event organizer, sebagai produk yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis blockchain di Indonesia.

Kami menyadari bahwa sejatinya teknologi blockchain dan mata uang kripto akan berkembang pesat di masa depan dalam satu wadah ekosistem yang utuh. Setidaknya dalam dua dekade mendatang, dua entitas itu mengalami masa puncaknya, ketika saat ini sejumlah perusahaan internasional menggunakan teknologi blockchain untuk memaksimalkan layanannya. Sebab, mereka sadar bahwa keamanan serta efisiensi waktu dan uang adalah segalanya agar bisnis berjalan lebih lincah dan kuat menghadapi persaingan global. Sebagai sebuah tujuan, blockchain mampu mewujudkan itu.

Di segi lain, mata uang kripto yang berjalan di atas blockchain dapat dieksploitasi lebih jauh sebagai aspek insentif dalam satu sistem yang unik dibandingkan dengan sistem uang fiat dan uang elektronik lainnya.

Dengan adopsi luas blockchain, di masa depan kita akan menyaksikan perubahan-perubahan besar dan revolusioner di beragam bidang, di antaranya asuransi, perbankan, electronic sports, musik, film, logistik dan lain-lain.

Oleh sebab itu, media siber haruslah jernih dan mencerahkan pembaca, bukan menyesatkan dan mengeruhkan suasana. Bersama Anda, kami menjadikan itu semua sebagai visi dan misi di blockchainmedia.id.