Vitalik Buterin: Kenaikan Kripto 1000 Kali Lipat Sudah Musnah

275

Tidak akan ada lagi kenaikan 1000 kali lipat di industri kripto dan blockchain. Begitu pendapat yang diutarakan Vitarin Butelik, co-founder Ethereum (ETH) dalam wawancara dengan Bloomberg pada Sabtu, 8 September lalu, seperti dilansir cointelegraph.com.

Dalam sebuah konferensi Ethereum dan blockchain di Hong Kong belum lama ini, Buterin berkata kepada Bloomberg bahwa pertumbuhan pesat industri kripto dan blockchain kini mencapai batas dan bergerak dari tahap “orang-orang yang tertarik” menuju tahap “penggunaan nyata di aktivitas perekonomian nyata.”



Buterin menjelaskan bahwa masa pertumbuhan masif di industri ini akan segera berakhir, karena tingkat kesadaran masyarakat tentang kripto dan blockchain sudah meningkat jauh dan akan mendatar.

“Jikalau Anda berbincang dengan orang yang pendidikannya rata-rata, mereka mungkin sudah pernah mendengar blockchain setidaknya sekali. Tidak ada lagi kesempatan untuk pertumbuhan 1000 kali lipat di industri ini untuk apapun,” jelas Buterin.

BERITA TERKAIT  Survei Coinbase: 18 Persen Mahasiswa AS Miliki Kripto

Tegas Buterin, strategi awal yang terjadi selama enam sampai tujuh tahun terakhir di komunitas kripto, yang berdasarkan pemasaran koin untuk mendapatkan adopsi massal, telah mengakibatkan kenaikan harga dan kapitalisasi pasar yang masif bagi uang kripto. Tetapi, fenomena ini mendekati batas akhirnya.

Mulai 2018, pasar kripto mengalami penurunan drastis dalam hal kapitalisasi pasar total seluruh kripto. Pada Januari 2018, kapitalisasi pasar total kripto berada di nilai US$ 828 milyar. Titik puncak ini kemudian diikuti penurunan secara bertahap dengan beberapa kenaikan di antaranya. Tetapi kini angka tersebut merosot menjadi US$ 198 milyar, yang merupakan titik terendah sejak awal November 2017, menurut CoinMarketCap.

BERITA TERKAIT  Regulator Finansial Jepang Akan Setujui ETF Bitcoin?

Walau pasar kripto mengalami penurunan signifikan sejak 2018, angka-angka saat ini masih jauh lebih tinggi dibanding awal tahun 2017. Saat itu, kapitalisasi pasar kripto bernilai baru US$17-20 milyar, dan harga kripto besar seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum, masing-masing berada pada nilai US$1000 dan US$12.

Menanggapi hal ini, Roger Ver, penggagas Bitcoin Cash (BCH), berkata kepada Cointelegraph bahwa bear market akhir-akhir ini justru terasa seperti kebalikannya, karena BTC meningkat 58% dibanding tahun lalu, dan 1048% dibanding dua tahun lalu.

Di pasar yang bearish ini, berbagai ahli memmrediksi beragam skenario harga kripto yang dinamis pada ujung tahun 2018. Pada Agustus 2018, Tom Lee dari Fundstrat mengklaim bahwa BTC bisa mengakhiri tahun ini pada harga yang sangat lebih tinggi, dikarenakan korelasi antara Bitcoin dan pasar negara berkembang. Lee memrediksi harga Bitcoin bisa sampai US$25 ribu pada akhir tahun ini.

BERITA TERKAIT  Kekuatan Menambang Bitcoin Dianggap Bisa Cetak Cuan, Ini Market-nya

Pada Juli 2018, Alexis Ohanian, co-founder Reddit dan Initialized Capital menegaskan pendapatnya bahwa Bitcoin dan Ethereum akan mencapai US$20 ribu dan $1500 pada akhir tahun 2018. Selain itu, Julian Hosp, co-founder dan presiden startup kripto TenX mengklaim bahwa dia masih yakin Bitcoin akan mencapai US$60 ribu pada tahun ini. [ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO