10 Manfaat Praktis NFT untuk Bisnis

Saat ini, bisnis NFT sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Fenomena ini semakin didukung oleh viralnya Ghozali yang berhasil menjual foto-foto swafoto miliknya selama lima tahun terakhir (2017-2021). Satu swafoto dari Ghozali dibanderol mulai 0,13 ETH atau sekitar Rp6 juta hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp31 juta. Berkat swafoto tersebut, Ghozali telah meraup uang miliaran rupiah dari hasil penjualan NFT-nya.

Berdasarkan fenomena Ghozali, NFT terlihat jelas memiliki manfaat yang besar bagi individu. Namun, sebetulnya manfaat NFT juga bisa dirasakan pelaku bisnis. NFT dapat ditekuni guna meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Sebelum mengetahui manfaat NFT bagi kelangsungan sebuah bisnis, mari pahami dahulu apa yang disebut sebagai NFT.

Pengertian NFT

NFT atau Non-Fungible Token adalah token (berasaskan kode program di blockchain) yang mewakili file digital, seperti foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

File digital itu tidak disimpan di blockchain, melainkan di server biasa ataupun jaringan server IPFS.

Token akan merujuk secara kekal terhadap data binary file tersebut. Itu yang membuat token dan file yang diwakilinya dapat dengan mudah dilacak setiap transaksinya.

Pada penerapannya, NFT memberi banyak keuntungan bagi seniman-seniman yang selama ini kurang memiliki ruang untuk memperjualbelikan karya orisinalnya. Melalui NFT, mereka dapat memperdagangkan karya-karyanya, bahkan mengaturnya untuk tersedia dalam beberapa pieces (unit) saja. Sehingga, karya tersebut dapat “dikatakan langka” dan terjual dengan harga yang tidak sedikit. Jika NFT menguntungkan bagi para seniman, lantas apa manfaatnya bagi bisnis?

Manfaat NFT untuk Bisnis

NFT tak hanya bermanfaat bagi para seniman yang dapat memperjualbelikan karya digitalnya, para pelaku bisnis pun bisa turut merasakan manfaat NFT. Beberapa brand ternama dunia bahkan telah lebih dulu melakukannya. Salah satunya Louis Vuitton yang mendesain skin untuk game League of Legends pada 2019 lalu. Ada juga GAP yang menerbitkan NFT untuk merepresentasikan video karya fesyen mereka. Bukan tanpa alasan, NFT untuk bisnis memang mampu membawa sejumlah manfaat tersendiri.

  • Hak kepemilikan yang jelas

Dalam bisnis, penting untuk mengetahui hak kepemilikan dari sebuah produk. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan pemalsuan dari produk yang dijual oleh perusahaan tertentu.

Sebelum memperjualbelikan NFT, sistem akan mendeteksi pemilik dan mencari tahu apakah produk memang orisinal dari pemilik tersebut. Oleh karena itu, kehadiran NFT penting bagi kelangsungan bisnis Anda karena dapat memberikan hak kepemilikan yang jelas terhadap produk-produk yang Anda jual.

  • Perdagangan dijamin aman

Perdagangan NFT cenderung bersifat aman karena tidak memungkinkan pihak lain untuk menduplikasi produk atau karya yang telah lebih dahulu dijual atau di-submit. NFT yang dimuat dalam sistem blockchain tidak memberi kemungkinan bagi produk-produk palsu untuk bersaing secara adil dalam pasar. Soal celah ini, silahkan dibaca terkait NFT Ridwan Kamil ini.

  • Data perusahaan aman

Karena dimuat dalam sistem blockchain, data-data terkait produk NFT hanya akan digunakan sebagai pengenalan terhadap produk tersebut. Artinya, hanya bisa untuk mengetahui siapa pemilik pertamanya dan mungkin histori pada pemilik-pemilik berikutnya. Seluruh transaksi yang dilakukan akan dicatat secara lengkap dalam sistem Blockchain, sehingga terhindar dari pencurian produk maupun data perusahaan.

  • Memudahkan penjualan produk

NFT adalah aset berbasis digital. Karena berbasis digital, NFT relatif mudah untuk diperjualbelikan karena tidak membutuhkan ruang nyata yang lebih memakan biaya. Kemudahan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kelangsungan bisnis digital Anda.

  • Menjadi alat promosi sekali pakai

Salah satu hal yang dapat diperjualbelikan dalam non-fungible token adalah foto. Melalui foto, Anda dapat memberikan promosi sekali pakai pada pelanggan bisnis, misalnya dengan kupon, diskon, atau tiket acara berbasis digital. Hal ini tentu akan menimbulkan daya tarik pelanggan terhadap bisnis Anda.

  • Memberikan customer loyalty program

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu ingin memprioritaskan para pelanggan. Pelanggan adalah nyawa bagi kelangsungan bisnis Anda. Untuk meningkatkan kepuasan mereka, Anda bisa menggunakan NFT sebagai customer loyalty program. Pelanggan dapat melakukan scanning pada NFT yang telah mereka miliki untuk mengetahui berapa poin yang mereka dapatkan. Ini tentu menjadi hal baru yang asyik.

  • Penggalangan dana untuk kemajuan usaha

Jika ingin memajukan bisnis dengan cara membuka cabang baru, Anda bisa mengadakan penggalangan dana dengan menjual non-fungible token kepada para pelanggan. NFT yang Anda jual nantinya dapat meraup banyak modal yang diperlukan bagi pembukaan cabang tersebut. Selain itu, penggalangan dana ini juga bersifat aman karena data-data perusahaan telah tercatat dalam sistem Blockchain.

  • Mendukung pemasaran

Sebuah perusahaan atau bisnis sebaiknya memiliki website atau media sosialnya sendiri. Hal itu adalah standar lawas. Tidak menutup kemungkinan, tren akan mengharuskan sebuah usaha untuk memiliki atau memperjualbelikan NFT. Jika bisnis Anda telah memulainya, hal ini akan mendukung pemasaran dari bisnis Anda.

  • Menciptakan ekosistem berdagang yang aman

Berdagang NFT dalam sistem Blockchain dapat menciptakan ekosistem berdagang yang aman karena tidak memungkinkan adanya fenomena lupa transfer, bukti transfer terselip, gagal transfer, dan sebagainya. Perdagangan yang terjadi dalam sistem Blockchain harus menggunakan mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Binance, dan lain-lain.

  • Menjual barang-barang langka dengan harga selangit

Memperjualbelikan NFT dapat membantu kelangsungan bisnis Anda karena NFT bisa di-setting untuk dijual hanya dalam satu piece saja di dunia. Itu artinya, barang yang Anda jual akan memiliki nilai kelangkaan yang tinggi. Semakin langka sebuah barang, tentu semakin mahal pula harganya.

Jika ingin mencoba hal baru untuk kelangsungan bisnis, tidak ada salahnya mencoba NFT karena dapat memberikan sepuluh manfaat di atas. Akan tetapi, sebelum mulai memperjualbelikan token digital tersebut, lakukan riset lebih mendalam, perihal keunggulan dan kelemahannya. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait