10 Merek Ternama yang Terbitkan NFT Sendiri

Meningkatnya popularitas NFT (non-fungible token) membuat banyak orang, baik kreator maupun kolektor seni, mulai merambah ke dunia kripto tersebut. Tak terkecuali merek-merek ternama dunia. Tren NFT yang sudah ramai sejak 2021 ini membawa banyak brand ternama meluncurkan NFT miliknya sendiri. Meski dipatok harga yang cukup tinggi, koleksi NFT merek ternama dunia ini berhasil menarik minat banyak kolektor. Apa saja brand tersebut?

  1. Gucci

Salah satu merek fashion ternama di dunia ini sudah terlibat dalam dua perilisan NFT pada 2021 lalu. Pada Maret 2021, Gucci bereksperimen dengan meluncurkan sneakers dalam bentuk Augmented Reality (AR) yang dijual dengan harga US$11,99. Namun, sneakers AR tersebut bukanlah koleksi resmi Gucci.

Dua bulan kemudian, tepatnya pada Mei 2021, Gucci merilis NFT resmi pertamanya berupa film pendek untuk memperingati hari jadi Gucci yang ke-100.

Film pendek berdurasi empat menit ini tidak hanya memperingati hari jadi mereka, tetapi juga berisi teaser kolaborasi dengan Balenciaga. Film pendek ini berhasil terjual pada harga US$250.000 atau setara dengan Rp3,5 miliar (kurs Rp14.330).

  1. Louis Vuitton

Untuk merayakan ulang tahun ke-200 pendirinya, Louis Vuitton merilis sebuah game NFT bernama “Louis the Game”. Permainan ini menggambarkan Vivienne, ikon Louis Vuitton, yang menjelajahi dunia animasi dan mengumpulkan lilin untuk ke sebuah pesta ulang tahun.

Selama bermain, pemain berkesempatan untuk mendapatkan 30 NFT berupa item yang bisa digunakan dalam game. Sepuluh di antaranya adalah NFT karya seniman ternama, Beeple. Namun, game NFT ini tidak diperjualbelikan, melainkan hanya sebagai digital collectible.

  1. Jimmy Choo

Merek fashion yang terkenal dengan koleksi sepatunya ini meluncurkan NFT berupa sepatu digital pada Oktober 2021 lalu.

NFT tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan seniman Eric Haze. Selain sepatu digital, Jimmy Choo juga menyediakan 8.888 mystery box yang bisa didapatkan di marketplace NFT. Isinya berupa 445 kartu digital sangat langka, 3.109 kartu langka, dan 5.333 kartu digital biasa.

Jika berhasil mendapatkan kartu sangat langka dan langka, pembeli akan melihat sneak peek dari koleksi NFT mendatang dari Jimmy Choo. 

  1. Burberry

Merek ternama lainnya yang juga merilis NFT adalah Burberry. Sama seperti Louis Vuitton, Burberry merilis sebuah permainan berbasis NFT yang bekerja sama dengan Mythical Games.

Permainan dengan nama Blankos Block Party ini menceritakan tentang sebuah brankas virtual dan menghadirkan Blanko, vinyl toys bernama Sharky B. yang juga merupakan karakter game yang hidup di dalam Blockchain. 

Ada Blankos, Game Kripto Pendatang Baru Bertenaga NFT

  1. RTFKT

RTFKT merilis sebuah sneakers NFT dan digital merchandise yang merupakan hasil kolaborasi dengan visual artist FEWOCiOUS. RTFKT merilis tiga jenis sneakers di mana partisipan bisa melakukan bid pada pelelangannya.

Melalui pelelangan ini, 600 sneakers sudah terjual dan RTFKT menerima pendapatan hingga US$3,1 juta atau setara dengan Rp44,42 miliar (kurs Rp14.330).

  1. Overpriced

NFT yang dikeluarkan oleh Overpriced ini memiliki konsep sedikit berbeda dari brand lainnya. Overpriced merilis produk hoodie dalam bentuk NFT di mana pada bagian belakangnya terdapat kode yang bisa di-scan oleh pemiliknya. Jika di-scan, pemilik akan memiliki NFT secara resmi.

Hoodie ini bisa didapatkan dengan harga US$26.000 atau setara Rp327 juta. Selain itu, Overpriced juga akan memberikan penggantian produk secara lengkap dengan kode baru jika NFT hoodie rusak atau hilang.

  1. Ferrari

Merek mobil sport ternama dunia ini dikabarkan akan merilis NFT miliknya sendiri. Mulai Maret 2022, Ferrari membuka kesempatan untuk para penggemar membeli koleksi digitalnya.

Ferrari akan Terbitkan Koleksi Digital NFT Tahun Depan

Token NFT ini merupakan hasil kerja sama dengan Velas Network AG, sebuah perusahaan asal Swiss yang juga menjadi sponsor utama seri e-sport Ferrari; The Prancing Horse; dan tim e-sport yang akan bertanding pada kejuaraan Formula One (F1).

  1. Adidas

Bergabung dengan Metaverse membuat Adidas semakin mengembangkan sayapnya di dunia virtual. Adidas meluncurkan sebuah NFT di Metaverse yang merupakan hasil kerja sama dengan Bored Ape Yacht Club, PUNKS Comic, dan GMoney. Setiap NFT dibanderol dengan harga US$812 atau sekitar Rp11,1 juta.

  1. Dolce & Gabbana

Dolce & Gabbana juga menjadi salah satu brand fashion dunia yang meluncurkan koleksi digitalnya. Bermitra dengan pasar digital UNXD, Dolce & Gabbana meluncurkan koleksi NFT yang bisa dikenakan dan menyebutnya dengan “Collezione Genesi”. 

  1. GAP

GAP akhirnya mengikuti jejak Adidas, Gucci, dan brand fashion lainnya untuk masuk ke dunia NFT. NFT pertama yang diluncurkan GAP berupa video yang menampilkan berbagai jaket klasiknya.

Berkolaborasi dengan Brandon Sines, NFT GAP berhasil diterbitkan dan bisa diakses melalui situs nft.gap.com. Ada enam NFT yang bisa dibeli dengan mata uang kripto Tezos (XTZ) atau uang fiat lewat layanan kartu kredit.

GAP Terbitkan NFT di Tezos, Celah Replikasi Terbukti

Itu dia beberapa merek ternama yang meluncurkan NFT miliknya sendiri. Hal ini menunjukkan popularitas NFT yang semakin meningkat dan akan semakin banyak lagi yang mengikuti. Nah, apakah Anda tertarik untuk membeli koleksi NFT tersebut atau berniat membuat merek produk Anda menjadi NFT? [ps]

spot_img

Terkini

Terkait