12 Momen Bersejarah Kripto di Tahun 2021

Tahun 2021 berisi beragam momen bersejarah, dengan pasar aset kripto mencapai kapitalisasi pasar senilai US$3 triliun. Berikut adalah 12 momen yang menyoroti kemajuan kripto di tahun 2021.

Momen Bersejarah Kripto di Tahun 2021

Pertama, Bitcoin melampaui kapitalisasi pasar US$1 triliun. Hal ini terjadi setelah investor besar dan lembaga keuangan ternama mulai mengadopsi aset kripto. Perusahaan yang memimpin adalah MicroStrategy, Tesla dan Square.

Kedua, minat terhadap NFT membludak setelah penjualan karya Beeple senilai US$69 juta. Karya seni berjudul ““Everydays: The First 5000 Days” terjual melalui rumah lelang Christie senilai US$69,3 juta dengan pembayaran memakai Ether (ETH).

Ketiga, Elon Musk dongrak harga Dogecoin (DOGE). CEO Tesla tersebut tampil di acara talkshow Saturday Night Live dan membahas soal DOGE. Hal itu mengakibatkan harga DOGE mencapai rekor tertinggi dengan harga US$0,73.

Keempat, El Salvador menetapkan Bitcoin (BTC) sebagai mata uang sah. BTC dapat digunakan untuk pembayaran barang, jasa serta pajak di negara tersebut. Usaha-usaha dapat menampilkan harga produk berdasarkan BTC.

Kelima, Ethereum meluncurkan EIP-1559 dan persiapan ETH 2.0. Pembaruan ini merubah metode perkiraan biaya transaksi serta mengurangi suplai ETH yang beredar.

Pengembang Ethereum juga bersiap-siap berpindah ke model proof of stake sehingga diduga akan mengurangi kritik terhadap proof of work yang membutuhkan energi tinggi.

Keenam, terjadi peretasan senilai US$600 juta di sektor DeFi. Platform Poly Network diretas sebab ada isu dengan kode jaringan itu. Namun, peretas mengembalikan dana yang dicuri.

Ketujuh, Tiongkok melarang kripto untuk kesekian kalinya. Bank Sentral Tiongkok melarang aktivitas terkait kripto, dan pemerintah melarang penambangan kripto sehingga penambang berpindah ke negara lain, terutama AS.

Kedelapan, Bitcoin ETF berjangka diluncurkan di AS. Produk ini adalah pertama kalinya Bitcoin ETF diizinkan diperdagangkan di negara tersebut, kendati merupakan produk berjangka.

Kesembilan, terjadi pembaruan Bitcoin setelah empat tahun yaitu Taproot. Taproot membantu transaksi Bitcoin menjadi lebih privat dan efisien serta lebih hemat.

Kesepuluh, regulasi kripto semakin diawasi. Ketua Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) Gary Gensler menghimbau penciptaan kerangka regulasi bagi kripto. Presiden Joe Biden menetapkan undang-undang infrastruktur yang mencakup perpajakan kripto.

Kesebelas, pesaing Ethereum meraup pangsa pasar. Avalanche dan Solana yang meluncur pada tahun 2020 berhasil mencapai jajaran 10 aset kripto teratas.

Keduabelas, DAO memasuki mainstream. Organisasi desentralistik (DAO) ConstitutionDAO menggalang dana US$40 juta untuk ikut pelelangan salinan Konstitusi AS. Kendati tidak memenangkan lelang, peristiwa ini menarik perhatian terhadap inovasi DAO. [cnbc.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait