16 Miliar Shiba Inu (SHIB) Sudah yang Di-Burn Sejak Situs Burn Diluncurkan

Investor aset kripto memecoin Shiba Inu (SHIB) telah melakukan burn atau pemusnahan 16 milyar token SHIB sejak portal burn diluncurkan. Portal tersebut memberikan imbalan bagi pengguna yang menghapus token dari peredaran dengan cara memusnahkannya.

Sebelumnya, tim Shiba Inu mengumumkan peluncuran portal burn yang direncanakan menjadi bagian versi baru bursa desentralistik Shiba Swap awal tahun ini.

Saat itu, tim Shiba Inu berkata portal burn akan memudahkan pengguna platform Shiba Swap untuk memusnahkan SHIB secara reguler dan mengurangi suplai beredar.

Anggota tim Shiba Inu dengan pseudonim Archangel menekankan, komunitas pendukung Shiba Inu, Shib Army, harus realistis soal mekanisme pemusnahan aset kripto itu. Menurutnya, tidak realistis untuk mengharapkan 90 persen suplai beredar dimusnahkan.

Saat ini, 41 persen suplai SHIB sudah di-burn melalui portal pemusnahan itu. Portal tersebut diluncurkan pada 23 April lalu dan termasuk imbalan token bagi pengguna yang melakukan burning.

Pemusnahan token mencabut token dari peredaran secara permanen dengan cara mengirim token tersebut ke alamat dompet yang tidak dapat dipulihkan.

Proyek-proyek kripto sering melakukan burning token untuk mengurangi suplai beredar. Bila suplai yang lebih rendah bertemu dengan permintaan yang sama atau lebih besar akan menyebabkan peningkatan harga token.

Komunitas SHIB telah lama mendukung pemusnahan token. Proses burning SHIB secara efektif telah menghilangkan 263 milyar token dari peredaran sejak Oktober 2021 hingga Maret 2022, menurut data dari Crypto Globe.

Portal burning memberikan token burntSHIB kepada pengguna yang melakukan pemusnahan. Token ini dapat di-staking untuk menghasilkan imbalan dalam bentuk token RYOSHI. Token ini merupakan token yang berbeda dengan token lainnya dalam ekosistem Shiba Inu.

Sejauh ini, sudah ada 16 milyar SHIB yang dimusnahkan oleh komunitas Shiba Inu melalui portal burn tersebut. Pengguna yang berpartisipasi dalam proses ini mendapat APR 5,42 persen.

16 milyar SHIB yang dimusnahkan bernilai sekitar US$400 ribu setara Rp5,7 milyar. Harga SHIB melompat sekitar 6 persen dalam kurun waktu 24 jam terakhir bersama dengan pasar aset kripto yang menunjukkan pemulihan. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait