2 Persen dari US$100 Triliun Siap Masuk ke Bitcoin dan Kripto Lain

Tom Lee dari Fundstrat Global Advisors mengatakan, 2 persen dari uang US$100 triliun siap masuk ke Bitcoin dan kripto lain, berkat peraturan yang lebih sistematis oleh Pemerintah Amerika Serikat. Kripto lain bisa bernasib sama?

Harga Bitcoin dan kripto lain telah berayun liar dalam beberapa bulan terakhir karena pasar kripto rebound dari aksi jual yang tajam (meskipun ada peringatan harga Bitcoin oleh JPMorgan).

Harga Bitcoin telah turun dari hampir US$50.000 per BTC pada awal tahun 2022, jatuh ke posisi terendah lebih dari US$30.000 bulan lalu sebelum kembali naik. Harga ETH, BNB, Solana dan Cardano serta XRP bervolatil ekstrem, karena para trader panik, meskipun mencoba yakin pasar kripto akan pulih.

Sekarang, di tengah jatuhnya harga Bitcoin dan kripto yang dipicu oleh situasi yang meningkat di Ukraina dan kebijakan tapering plus rencana kenaikan suku bunga acuan oleh The Fed, Tom Lee dari Fundstrat Global Advisors mengatakan dia mengharapkan sebagian dari kekayaan senilai hampir US$100 triliun pada akhirnya mengalir ke pasar kripto. Ini didasarkan pada sejumlah peraturan terkait kripto oleh Pemerintahan Biden. Ini dianggap Lee bukan ancaman justru sebagai katalis.

Prediksi Harga Bitcoin: Bisa Menjadi US$10 Ribu pada Tahun 2023

“Untuk menjawab secara sederhana, faktor apa saja yang bisa mendorong harga kripto naik kembali, adalah dari generasi investor yang saat ini, bukan investor baru. Mereka benar-benar bersedia mengalokasikan uang itu ke Bitcoin,” jelas Lee yakin, dilansir dari Forbes.

Ia mengatakan, sekitar 76 persen dari semua uang di Amerika Serikat dikendalikan oleh orang-orang yang berusia di atas 65 tahun. Jadi hampir US$100 triliun dipegang oleh orang-orang yang menganggap Bitcoin masih semacam hobi atau sekadar iseng oleh pihak-pihak yang anonim.

Tahun lalu Lee pernah mengatakan hal senada, bahwa aliran dana masuk ke kripto akan bertambah banyak ketika generasi yang lebih tua akan mewariskan sebagian harga mereka ke generasi di bawahnya. Generasi yang lebih mudah ini lebih paham kripto dan teknologi keuangan.

Terkait itu pula, Lee merujuk peraturan yang saat ini sedang dimatangkan oleh Biden. Kata Lee, itu justru memudahkan aliran uang ke Bitcoin dan 10 kripto besar, lain, seperti ETH, BNB, SOL, dan Cardano serta XRP.

“Saya pikir peraturan seperti itu sebenarnya bisa membuka banyak gerakan itu [arus masuk modal ke kripto yang lebih besar. Bayangkan saja 2 persen dari US$100 triliun dialokasikan untuk kripto. Anda bisa melihat peningkatan total nilai pasar kripto menjadi 5-10 kali lipat,” ujar Lee. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait