spot_img
spot_img

5 Aplikasi Menarik di Tubuh Solana (SOL)

Ekosistem DeFi Solana berkembang cepat dan sejumlah proyek berkualitas tinggi berlomba demi menjadi aplikasi blue chip di blockchain tersebut. Berikut adalah lima aplikasi menarik di tubuh Solana (SOL) yang memiliki potensi besar.

1. Port Finance

Port Finance adalah aplikasi yang berusaha menjadi bank desentralistik. Menurut data Defi Llama, Port Finance adalah aplikasi terbesar ke-11 di Solana dengan total aset dikelola (TVL) sebesar US$122 juta.

Mirip seperti Compound dan Aave di Ethereum, Port Finance mendukung deposit USDC, USDT, PAI dan aset Solana seperti Serum. Pengguna Port Finance saat ini dapat meraih imbalan token PORT selain imbalan atas deposit bila menaruh likuiditas di aplikasi tersebut.

2. Solend

Solend adalah aplikasi perbankan, mirip Port Finance. Dengan TVL US$64,4 juta, Solend berada di posisi ke-13 terbesar sebagai aplikasi Solana. Berbeda dengan Port, Solend membantu pengguna meminjam dana dengan agunan berdasarkan pilihan aset kripto lebih luas.

Solend belum memiliki token sendiri tetapi telah mengumumkan akan meluncurkannya di bulan September. Imbalan bagi program liquidity mining akan diberikan kepada pengguna awal aplikasi tersebut.

3. Saber

Di jaringan Solana, kebutuhan pertukaran pegged assets atau aset dipatok dipenuhi oleh Saber. Saber saat ini memiliki TVL tertinggi di antara semua aplikasi Solana.

Saber menawarkan beragam pasangan aset dipatok, seperti USDC-USDT, SOL yang distaking dan tidak distaking, serta BTC-renBTC. Pengguna juga dapat menaruh likuiditas untuk meraih imbalan, dengan tingkat imbalan antara 3 hingga 10 persen per tahun.

4. Sunny

Pengguna yang memiliki token liquidity provider (LP) dapat meraih imbalan ekstra melalui Sunny. Sunny adalah sebuah yield aggregator mirip dengan yearn.finance di Ethereum.

Selain menerima imbalan token SBR di Saber, investor yang lalu mendeposit token LP di Sunny turut meraih imbalan dalam bentuk token SUNNY. Skema ini telah dimanfaatkan secara luas oleh investor Solana, dimana token LP Saber senilai US$1,4 milyar didepositkan di Sunny.

5. Marinade Finance

Marinade Finance membantu pengguna melakukan staking SOL dan menerima mSOL. mSOL dapat diperdagangkan dan digunakan untuk meraih imbal hasil ekstra pada platform lain.

Contohnya, pengguna dapat staking SOL di Marinade dan meraih imbal hasil 6 hingga 8 persen per tahun lalu mendepositkan mSOL ke kolam likuiditas SOL-mSOL di Saber demi mendapat imbal hasil tambahan.

Dengan maraknya peluang menggiurkan untuk cuan di ekosistem tersebut, Solana tampak berada di posisi tepat untuk menarik modal investor di bulan-bulan mendatang. [cryptobriefing.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait