5 Perkembangan Metaverse Terkini, Pernikahan Virtual Hingga Mall Interaktif

Perkembangan metaverse terus menjadi perbincangan hangat setelah Mark Zuckerberg mengganti nama media sosial buatannya, Facebook, menjadi Meta Platforms pada 2021 lalu. Bahkan awam yang sebelumnya tidak menaruh minat pada dunia digital ikut penasaran dengan kehadiran metaverse.

Maka, tak mengherankan lagi jika setiap saat muncul update dan perkembangan mengenai platform metaverse. Perkembangan yang muncul pun sangat variatif. Entah itu membahas tentang implementasi hardware, temuan software baru, dan yang pasti ada, perusahaan global yang terjun ke dunia metaverse. Lalu, apa saja perkembangan metaverse terkini yang menarik perhatian?

Perkembangan Metaverse Terkini

Pembicaraan metaverse memang akan selalu menarik. Sebab, potensi dan peluang yang ditawarkan begitu luas. Disebut-sebut, teknologi metaverse nantinya dapat meningkatkan produktivitas kerja, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, menciptakan pengalaman belanja baru di e-commerce, bahkan memungkinkan Anda untuk bisa memiliki lahan virtual.

Pada 2022, perkembangan metaverse pun terus berjalan. Bahkan jadi lebih menarik karena semakin banyak pihak yang terlibat. Artikel ini merangkum beberapa perkembangan terkini mengenai platform metaverse. Mari simak bersama!

1. Makin banyak perusahaan yang terlibat

Seperti yang telah disebutkan pada bagian pembuka, berita mengenai perusahaan global yang masuk ke metaverse bisa dipastikan akan selalu ada. Paling baru ada perusahaan fashion terkemuka, Tommy Hilfiger. Melalui game Roblox, Tommy Hilfiger membangun sebuah dunia virtual yang diberi nama ‘Tommy Play’.

Lewat Tommy Play, pelanggan setia Tommy Hilfiger bisa membangun komunitas virtual dan memainkan mini games. Mereka juga bisa mengumpulkan ‘Tommy Coins’ yang nantinya dapat ditukarkan dengan virtual wearable item seperti pakaian, helm, dan aksesoris untuk dikenakan avatar mereka di Tommy Play.

2. Makanan Metaverse

Game NFT adalah salah satu implementasi metaverse yang begitu terasa gaungnya belakangan ini, terlebih game dengan format play-to-earn yang memungkinkan pemain untuk bisa mengumpulkan mata uang kripto sambil bermain.

Ada satu game NFT baru yang memiliki premis menarik, OneRare. Lewat gaming zone yang mereka tawarkan, pemain bisa mendapatkan makanan metaverse. Menariknya lagi, makanan tersebut sebenarnya adalah menu makanan asli dari chef, restoran, maupun perusahaan makanan ternama yang kemudian di-mint menjadi NFT.

Melalui OneRare, Anda juga dapat mengakses beragam pengalaman yang masih berhubungan dengan dunia kuliner. NFT yang sudah dikumpulkan pun dapat ditukar menjadi makanan asli.

3. Pernikahan virtual di metaverse

Selama pandemi, pernikahan melalui teknologi digital seperti video call menjadi sangat umum. Kini dengan adanya metaverse, pengalaman “pernikahan virtual” menjadi semakin nyata.

Laporan dari tabloid The Sun menemukan bahwa sudah ada beberapa pasangan yang menikah di platform metaverse seperti Decentraland dan Virbela. Salah satunya adalah pernikahan Dinesh Padmavathi dan Janaganandhini Ramasamy. Pernikahan tersebut memanfaatkan NFT, hiburan musik digital, dan bahkan “digital resurrection” pada mendiang ayah pengantin perempuan.

4. Metaverse, dunia baru untuk para digital nomad

Digital nomad merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut para pekerja yang bekerja dari jarak jauh. Mereka memanfaatkan teknologi untuk bisa bekerja dari mana saja selama terdapat koneksi internet. Jumlah digital nomad semakin meningkat saat pandemi menyerang.

Teknologi metaverse memungkinkan para digital nomad ini untuk memiliki lingkungan kerja virtual yang memadai. Bahkan, mereka bisa mendapatkan pengalaman yang serupa saat berkerja di kantor.

Salah satu contohnya adalah Horizon Workrooms dari Facebook yang menawarkan kantor virtual. Dengan bantuan VR/AR hardware seperti Oculus, pengguna bisa melakukan meeting virtual dengan suasana yang mirip meeting di kantor.

5. Metaverse Mall

Raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba, adalah salah satu perusahaan yang terjun ke dunia metaverse. Dalam rangka menyambut event tahunan 618 Shopping Festival di Tiongkok, Alibaba berencana meluncurkan sebuah platform bertajuk Metaverse Mall.

Metaverse Mall adalah sebuah tempat belanja virtual dengan desain mirip sebuah mal sungguhan. Dengan menggunakan smartphone, pelanggan bisa membuat avatar yang “mewakili” mereka berbelanja di merchant digital Metaverse Mall.

Jika melihat poin-poin update di atas, bisa dilihat bahwa perkembangan metaverse begitu luas, tidak hanya terpaku pada satu bidang saja. Sebab, pada dasarnya, metaverse merupakan suatu dunia alternatif dengan format digital. Para “penghuni” metaverse dapat bersosialisasi, bekerja, belanja, bahkan menikah layaknya di dunia nyata. Bagaimana, tertarik untuk menjadi warga metaverse? [ps]

spot_img

Terkini

Terkait