5 Proyek Blockchain Keren Menurut ConsenSys

Kondisi sebuah proyek blockchain dapat dilihat dari aktivitasnya di Github, platform kolaborasi antar pengembang peranti lunak. Dalam posting Medium, ConsenSys melaporkan data aktivitas Github berbagai proyek yang diambil dari State of the Dapps, situs peringkat proyek blockchain. Data ini memberikan pandangan mengenai kegiatan pengembang di sektor blockchain.

Berikut adalah 5 proyek blockchain yang paling aktif menurut ConsenSys, berdasarkan data aktivitas dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

Pertama, Status yang mengembangkan sistem operasi (OS) Ethereum untuk perangkat selular. Status seringkali menempati peringkat atas untuk aktivitas pengembang dengan 5.983 event selama 30 hari terakhir. Hal ini menunjukkan tim Status terus bekerja mengembangkan versi Android, iOS dan desktop bagi aplikasi mereka.

BERITA TERKAIT  Di Google, Penelusuran Kata Kunci "Emas" Tiga Kali Lipat Lebih Banyak Berbanding "Bitcoin"

Kedua, Storj, jaringan penyimpanan desentralistik berbasis cloud, yang baru saja meluncurkan Pioneer 1 Beta bagi jaringan V3 dan menuju pengembangan Pioneer 2 Beta akhir tahun ini. Tim Storj telah melakukan sejumlah usaha lain, seperti Open Source Partner Project dan platform penyimpanan cloud Tardigrade. Tim tersebut menempati peringkat kedua dengan 4.967 peristiwa yang, kendati turun dibanding bulan-bulan lalu, masih tergolong angka yang sangat produktif.

Ketiga, Aragon mempertahankan posisi di peringkat ketiga sebagai platform untuk menciptakan organisasi desentralistik yang bisa digunakan untuk membuat organisasi berbasis blockchain pada mainnet Ethereum. Proyek ini memiliki reputasi sebagai perusahaan yang dikelola dengan baik, dan memiliki 4.462 peristiwa di Github, naik 7,3 persen dari bulan lalu.

BERITA TERKAIT  Blackmoon Crypto Mengklaim Akan Jual Kripto GRAM Telegram

Keempat, menyusul Aragon, ada Origin Protocol di posisi keempat yang tidak jauh. Proyek ini memakai Ethereum dan IPFS (Interplanetary File System) untuk membuat marketplace desentralistik. Aplikasi seluler Origin sudah tersedia di mainnet Ethereum dan bisa digunakan untuk membeli beraneka ragam hal unik. Origin memiliki 4.372 event, dan semakin banyak barang yang ditambah pada marketplace Origin setiap pekannya.

Kelima, Augur yang merupakan tempat melakukan taruhan atas prediksi olahraga, politik dan peristiwa lain. Protokol pasar prediksi Augur merupakan salah satu proyek yang paling menarik di mainnet Ethereum saat ini. Terjadi transaksi sebesar US$170 ribu dalam pekan terakhir di Augur, dan ada 3.922 peristiwa di Github, naik 38 persen dari bulan lalu.

BERITA TERKAIT  Pompliano: Larangan Mata Uang Digital Bisa Bikin Teknologi AS Loyo

ConsenSys adalah perusahaan pengembang solusi blockchain bagi organisasi di semua tingkat, mulai di tingkat komunitas lokal hingga perusahaan global. Pada acara Sibos 2019 di London baru-baru ini, ConsenSys disambut oleh Hyperledger sebagai mitra baru aliansi tersebut. Hyperledger adalah kolaborasi beragam pihak yang didirikan oleh The Linux Foundation untuk memajukan teknologi blockchain antar industri. Di tangan ConsenSys pula Ethererum bisa berdiri pada tahun 2014. [media.consensys.net/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO