5 Website Meneropong Perkembangan DeFi, Nomor 4 Jangan Dilewatkan

2636

Sektor DeFi (keuangan desentralistik) di dunia aset kripto terus menguat. Buktinya, pada awal September 2020, TVL-nya melaju di puncak, hingga US$9,55 miliar. Kendati terkoreksi beberapa hari terakhir, Anda selayaknya terus memantau DeFi di 5 website berikut ini.



DeFiPulse.com
Website adalah acuan utama bagi para penikmat DeFi di banyak negara. Kendati jumlah DeFi itu sebenarnya banyak, website ini hanya menampilkan yang sangat popular, hanya berjumlah 40 saja.

Data DeFi di sini berdasarkan TVL alias Total Value Locked aset kripto bernilai dolar, Ether (ETH) dan Bitcoin (BTC) yang dijadikan sebagai agunan di semua DeFi. Jadi, bukan berdasarkan nilai tukar atau harga aset kripto masing-masing DeFi.

Semakin besar angka TVL-nya, maka semakin banyak pula jumlah aset kripto yang teragunkan di dalam semua DeFi yang ada.

BERITA TERKAIT  Kasus Aset Kripto "Bitcoiin", Aktor Steven Seagal Bayar Denda kepada SEC

Misalnya hari ini, 8 September 2020, TVL-nya tercatat sejak tahun 2017 adalah US$8,02 miliar. Untuk rentang 30 hari, jumlah ETH-nya sekitar 6,7 juta ETH. Sedangkan BTC-nya mencapai 79,8 ribu BTC.

Data yang ditampilkan tentu saja realtime, dengan perubahan persen untuk 24 jam terakhir. Sayangkan belum ada kolom khusus untuk perkembangan 7 hari terakhir, sebagaimana yang digunakan oleh website lain.

Coinmarketcap
Coinmarketcap.com memang terkenal sebagai acuan peringkat aset kripto berdasarkan kapitalisasi pasar. Namun, website ini juga memiliki laman khusus untuk memantau perkembangan DeFi, juga berdasarkan kapitalisasi pasar aset kripto yang terkait dengan DeFi itu.

Per 8 September 2020, Coinmarketcap mendata hingga 200 aset kripto yang terkait DeFi, mulai dari Chainlink (LINK) hingga Reserves.

BERITA TERKAIT  Nasib Pilu, Mantan Pegawai BitTorrent Korban Keganasan QuadrigaCX

Etherscan
Website ini lazimnya digunakan untuk melihat transaksi Ether (ETH) dan token yang menggunakan blockchain Ethereum. Nah, sama seperti Coinmarketcap.com, mereka punya satu laman khusus juga, bernama DeFi Leaderboard.

Terpantau terakhir ada 30 DeFi yang terdata, dilengkapi dengan nilai TVL (bersatuan dolar) yang terlock di masing-masing DeFi.

Uniswap misalnya ditempatkan di peringkat 1, karena TVL-nya yang paling besar, yakni US$1,7 juta. Perubahan 24 dan 7 hari juga ditampilkan.

DefiPrime
Ini adalah website yang tak kalah luar biasa, dengan informasi paling rinci tentang berbagai proyek yang sebelumnya mereka proses. Selain berita dan artikel yang terkait dengan DeFi, Anda dapat menemukan pencarian yang nyaman untuk proyek berdasarkan kategori, seperti tabungan alternatif, Dao, pembayaran, taruhan dan banyak lagi. Singkat kata, website ini lebih menghemat waktu Anda.

BERITA TERKAIT  Pendapatan Penambang Bitcoin Turun 23 Persen Selama Juni 2020

Loanscan
Bayangkan Anda sedang melakukan penelitian tentang ceruk pasar DeFi yang sangat spesifik dan Anda tidak memiliki cukup waktu. Website ini akan membantu Anda memperoleh semua data yang perlu Anda ketahui tentang sektor pinjaman (loan).

5 website itu akan sangat membantu dalam mengumpulkan data dan pengambilan keputusan. Sangat disarankan menggunakan informasi dari beberapa website untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam sebanyak mungkin. Selamat ber-DeFi-ria. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO