Ada Dompet Kripto Novi di WhatsApp

Novi, dompet kripto yang dimiliki oleh raksasa media sosial Meta, meluncurkan fitur pengiriman dan penerimaan uang melalui WhatsApp. Hal tersebut disampaikan melalui cuitan oleh Wakil Presiden Produk Meta, Stephane Kasriel.

Novi Hadir di Whatsapp 

Pemaduan dengan WhatsApp tersebut terjadi enam pekan setelah Meta meluncurkan proyek rintisan bagi dompet kripto Novi. Kasriel menjelaskan, dompet itu tidak akan mengganggu fitur privasi pada WhatsApp.

Saat ini, layanan dompet kripto itu hanya tersedia bagi sejumlah pengguna terbatas di AS.

“Kami masih di tahap awal merintis Novi, sehingga kami memutuskan untuk mengujicoba titik masuk ini di satu negara sebagai permulaan,” kata Kasriel.

Ia menambahkan, Meta akan memperluas layanan dompet Novi setelah mendapat masukan dari pengguna soal pengalaman baru tersebut.

Peluncuran Novi menyusul rencana proposal uang digital Diem yang terhambat regulasi sehingga memaksa anak perusahaan kripto Meta mengejar opsi alternatif. Novi akhirnya berpisah dengan penyedia stablecoin Paxos pada bulan Oktober lalu.

Sebelumnya, Novi meluncurkan layanan berbasis kripto di WhatsApp di India bernama WhatsApp Pay. WhatsApp Pay diperkirakan dapat menguasai mayoritas pangsa pasar pembayaran daring India yang diprediksi mencapai US$1 trilyun di tahun 2023.

Tetapi layanan itu gagal setelah mendapat persaingan dari Google dan perusahaan lokal Phone-Pe. WhatsApp Pay hanya berhasil meraih 1 persen transaksi, sedangkan Phone-Pe dan Google Pay masing-masing menguasai 46 persen dan 34 persen pasar.

Kendati demikian, WhatsApp Pay belum menyerah menggarap India. Korporasi Pembayaran Nasional India (NPCI) mengizinkan WhatsApp Pay memperluas basis pengguna dari yang sebelumnya berjumlah 20 juta hingga mencapai 40 juta pengguna.

Kanal berita Economic Times melaporkan, WhatsApp Pay berencana menggelontorkan dana investasi besar di India selama enam bulan ke depan untuk mendorong pertumbuhan.

Demi meraih minat pengguna, WhatsApp Pay mengujicoba fitur cashback yang seringkali berhasil menarik pengguna baru dan memperbesar ukuran transaksi. Selain itu, WhatsApp Pay juga menambahkan fitur spesifik India, yaitu simbol rupee untuk pengiriman pembayaran.

Manesh Mahatme, Direktur Pembayaran WhatsApp India, berkata, “Selama enam bulan ke depan, kami merencanakan investasi besar di WhatsApp Pay India, termasuk beragam fitur pertama yang khusus bagi India. Kami yakin hal ini akan mempercepat pertumbuhan kami.” [theblockcrypto.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait