spot_img
spot_img

Ada ETP XRP di Bursa Efek SIX, Swiss

Perusahaan investasi CoinShares meluncurkan produk investasi bernilai XRP di bursa efek Swiss, SIX. Investasi itu berupa Exchange Traded Product (ETP).

“Kami mengumumkan peluncuran produk investasi terbaru kami, yakni XRP Exchange Traded Product (ETP). Bersimbol XRPL, satu unit bernilai 40 XRP pada peluncuran perdana di bursa efek Swiss, SIX,” sebut Coinshares dalam keterangan resminya, Selasa (13 April 2021).

Townsend Lansing, Kepala Produk Coinshares mengatakan XRPL adalah tanggapan pihaknya atas permintaan dari klien mereka.

Bursa efek Swiss adalah bursa efek terbesar ke-3 di dunia, berdasarkan volume perdagangannya.

“Kami mewujudkan produk tersebut dengan memanfaatkan kemampuan perdagangan, pengawasan dan kepatuhan yang luas dari CoinShares Group,” kata Lansing memastikan semua produknya memang kian mudah diakses oleh publik.

Sementara itu, Chief Revenue Officer Coinshares, Frank Spiteri mengungkapkan ekosistem aset kripto dan aset digital akan terus tumbuh dengan fokus mereka di wilayah Eropa.

Sebelumnya produk serupa sudah diluncurkan oleh Coinshare, yakni ETP bernilai Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH). Coinshare sendiri adalah perusahaan publik yang sahamnya terdaftar di Nasdaq.

Harga XRP selama lebih dari sepekan terus mengalami penguatan signifikan. Sejak 7 April 2021 hingga 14 April 2021, harganya sudah naik lebih dari 110 persen, dari Rp12.806 menjadi Rp27.008, berdasarkan data dari Indodax.

Lonjakan harga XRP sejak 7 April 2021 lalu. Sumber: Indodax.com.

Ripple Labs, perusahaan penerbit XRP, memang masih “berkasus” di pengadilan di New York dengan SEC.

Komisi terpenting di AS itu menggugat Ripple Labs, karena XRP adalah sebentuk kontrak investasi alias sekuritas.

Sebelumnya Ripple Labs menang atas mosi tak percaya yang diajukan pengacaranya. Pihak perusahaan berhak tidak menyerahkan informasi rekening pribadi para pendirinya, yakni Brad Garlinghouse dan Jed McCaleb.

Kabar terbaru, Hakim di AS memerintahkan Tetragon Financial Group membayar kerugian hukum kepada Ripple Labs. Nilainya US$3,4 juta.

Exchange Traded product (ETP) adalah jenis sekuritas (kontrak investasi/pasar modal) yang nilainya diasaskan pada aset lain, seperti indeks ataupun kelas aset lain.

Perdagangan ETP di bursa efek mirip dengan saham yang harganya dapat berfluktuasi dari hari ke hari dan intraday. [red]

spot_img

Terkini

spot_img

Terkait