spot_img
spot_img

Ada Mark Cuban di Medsos NFT Ini

Milyarder Mark Cuban buka media sosial (medsos) khusus NFT (Non-Fungible Token). Bernama Nifty’s, tak hanya Cuban yang kucurkan dana. Investor kakap lainnya adalah Tim Draper, Joseph Lubin (Pendiri Ethereum) dan Polychain.

Pasar NFT yang sedang panas-panasnya, mendorong sejumlah investor kakap mengucurkan dana. Bukan perusahaan toko daring NFT yang diperkuat, namun media sosial khusus aset kripto unik itu.

Kendati bernama “Nifty’s“, itu tak ada hubungannya dengan toko daring NFT yang sangat popular yakni, NiftyGateway milik duo kembar Winklevoss.

Dalam pernyataan resminya, Selasa (23/3/2021), Mark Cuban memimpin pendanaan putaran pertama itu. Selain pemilik klub bola basket Dallas Maverick itu, ada sejumlah investor kelas kakap lainnya, yakni Joseph Lubin, 0xb1, Tim Draper, Polychain, Liberty City Ventures dan Future Positive.

Nifty’s dipimpin sang CEO, yakni Jeff Marsilio, mantan Wakil Presiden Senior Media Baru NBA. Dalam peran tersebut, ia memimpin divisi usaha lisensi digital liga bola basket yang meliputi penciptaan kolektibel kripto NBA Top Shot bersama Dapper Labs.

Top Shot termasuk salah satu usaha yang meraup untung besar di mania NFT saat ini.

Diluncurkan pada musim semi ini, Nifty’s dirancang khusus bagai pencipta dan kolektor NFT.

Situs itu akan didasarkan teknologi aset kripto MEME. Pendiri MEME menjadi bagian tim sebagai co-founder Nifty’s dan akan memimpin sektor pengembangan produk.

Harga aset kripto MEME sendiri sudah mencapai Rp45 juta. Rekor terbaru dicetak pada 24 Maret di harga US$57 juta per MEME.

Cuban memang dikenal sebagai pengamat aset kripto dan seringkali mengkritik Bitcoin. Ketika sektor keuangan desentralistik (DeFi) tumbuh dia pun tak tinggal diam. Dan kini peluang di sektor NFT dia jalani juga.

Cuban mengatakan kolektor harus melupakan tiadanya komponen fisik dalam NFT dan memerhatikan manfaat kepemilikan selain potensi inovasi.

Ia melihat Nifty’s sebagai cara untuk membangun komunitas di sektor koleksi NFT, sebagai jejaring khusus untuk meningkatkan pasar NFT.

“Belum ada yang berhasil memecahkan aspek sosial koleksi digital. Saya pikir Nifty’s akan memecahkannya dan saya senang menjadi bagian darinya,” jelas Cuban.

Cuban tampak sangat serius soal NFT. Sebelumnya, a juga mengumumkan peluncuran Lazy.com, toko daring NFT dalam satu tempat. Cuban mengklaim situs itu telah menarik 50 ribu pengguna dalam satu pekan.

Pasar kolektibel NFT melambung pada tahun 2021. Tiga pasar NFT teratas melaporkan volume perdagangan senilai US$342 juta pada Februari 2021, melampaui total 2020.

Karya digital oleh Beeple terlelang senilai US$69 juta. NBA Top Shot menarik volume perdagangan ratusan juta dolar. [ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait