spot_img
spot_img

Ada Shiba Inu (SHIB) di Rival Robinhood

Shiba Inu (SHIB) akhirnya diperdagangkan di platform pesaing Robinhood, yakni Public. Penggemar SHIB berharap Robinhood lakukan hal serupa.

Public mendukung SHIB jadi bagian terpadu di aplikasinya. Public adalah salah satu pesaing ketat aplikasi serupa yang popular di kalangan Milenial di AS, yakni Robinhood.

Sebelumnya adalah lebih dari 250 ribu tandatangan di situs petisi Change.org agar Robinhood menjual kripto pesaing Dogecoin (DOGE) itu. Petisi itu tergolong terpopular di Change.org.

Public didirikan pada tahun 2019 atas niat bersaing dengan Robinhood dan menarik investor muda dan baru dengan perdagangan bebas biaya serta rancangan yang mengutamakan pemakaian ponsel.

Dibanding Robinhood, Public memiliki komponen sosial yang lebih terpampang. Perusahaan ini menggalang dana sekitar US$310 juta dalam putaran pendanaan dengan valuasi yang mencapai US$1 milyar.

Sebelumnya, Public mendukung perdagangan ETF (reksadana yang dapat diperdagangkan di bursa efek) dan saham dan mulai memasuki sektor kripto pada bulan Oktober setelah mendaftarkan 10 aset kripto, termasuk Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Bitcoin Cash, Cardano, Dogecoin dan lainnya.

Pada Rabu (20/10/2021), Public mengumumkan telah menambah sang pesaing Dogecoin, yaitu Shiba Inu, pada platform Public.

Mulai sekarang, pengguna Public dapat membeli, menjual dan menyimpan SHIB.

Bulan lalu, Shiba Inu berhasil masuk bursa kripto Coinbase. Baru-baru ini, aset kripto meme itu turut didaftarkan pada ZebPay, bursa kripto terlama di India, dan BTCTurk, bursa kripto terbesar dan terlama di Turki. Sebelumnya ada FTX dan raksasa Binance yang merangkulnya.

SHIB merupakan aset kripto yang terinspirasi oleh anjing ras Jepang dengan nama yang sama. Shiba Inu, beserta kripto bertema hewan lainnya, diciptakan untuk meniru keberhasilan Dogecoin, termasuk MeongToken asal Indonesia.

SHIB berhasil menarik perhatian dari investor ritel selama beberapa bulan ini, sehingga harganya terdorong naik.

Shiba Inu (SHIB)

Memang, harga SHIB mengalami lonjakan fantastis belum lama ini. SHIB menjadi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ke-16 hari ini, dengan nilai US$13,6 milyar, turun 4,4 persen dalam kurun waktu 24 jam menurut data CoinGecko.

Sejumlah pengamat kripto menunjuk kepada CEO Tesla Elon Musk sebagai sumber ketenaran Shiba Inu.

Musk mencuit gambar peliharaan Shiba Inu pada awal Oktober yang kemudian membakar semangat para penggemar SHIB dan mendorong harga SHIB meningkat.

Selain itu, harga SHIB yang meroket disusul dengan valuasi pasar aset kripto yang meningkat. Bitcoin mencetak rekor harga baru lebih dari US$66 ribu hari kemarin.

Penggemar SHIB juga disarankan mengikuti terus perkembangan kripto ini, utamanya pasca dipadukannya SHIB di NowPayments dan NFT Shiboshi. [ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait