Ada Solana (SOL) di Browser Opera, Tahun Depan

Salah satu peramban online (browser) ternama, Opera, dikabarkan akan menghadirkan kripto dari Solana, SOL, pada tahun 2022 mendatang.

Sebelumnya, Opera telah menyediakan dompet kripto untuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) dan Tron (TRX) untuk melakukan transaksi dan pembelian aset. Dan sebentar lagi, dompet SOL juga akan tersedia dalam fitur tersebut.

Kripto Solana akan Hadir di Peramban Opera 

Selain menghadirkan layanan untuk kripto SOL, Opera juga akan menjadi peramban pertama yang mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang berbasis Solana.

Diketahui, pengguna Opera saat ini sudah dapat mengakses dApps tersebut melalui plugin sumber tertutup Phantom. Ekosistem Tron dan Ethereum pun juga sudah mendapat dukungan dari Opera.

Keputusan tersebut diambil oleh Opera karena melihat pertumbuhan yang menarik dari ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) dalam jaringan Solana, serta kian tingginya biaya transaksi di Ethereum.

Meski bertumbuh secara perlahan, perkembangan sektor DeFi di jaringan Solana masih terlihat menarik karena masih terus dilirik oleh para pengembang baru, maupun yang ingin beralih dari Ethereum.

Dan juga, berdasarkan data dari Staking Reward, kripto SOL yang di-staking di jaringan Solana dan telah memberikan hadiah kepada para HODLer-nya, nilainya sudah menyentuh US84 milyar, atau setara Rp1.205 triliun.

Solana yang menerapkan konsensus proof-of-stake (PoS) dan proof-of-history (PoH) memberikan efisiensi jaringan yang sulit ditandingi oleh jaringan lain.

Terlebih, PoS membuat jaringan menjadi lebih hemat energi dan ramah lingkungan dibandingkan proof-of-work (PoW) yang saat ini masih diterapkan oleh Ethereum.

Layanan Pembelian Cepat

Bagi warga AS, pembelian aset kripto seperti Bitcoin pun sudah dimungkinkan terjadi di peramban Opera, bahkan dengan kecepatan eksekusi yang sangat menarik.

“Dalam waktu kurang dari 30 detik Anda sekarang dapat menggunakan kartu debit atau Apple Pay untuk membeli Bitcoin langsung di Opera,” ungkap juru bicara peramban tersebut.

Meski masih sebatas di AS, tetapi negara ini adalah salah satu basis pecinta kripto yang besar sehingga adopsi yang berkelanjutan dan masif dapat diharapkan terjadi dari sini.

Hadirnya pilihan aset kripto lainnya seperti Ether, SOL dan TRX menjadi penyajian yang menarik untuk para pengguna Opera. Sehingga, pilihan aset kripto dalam daftar tersebut diharapkan dapat terus bertambah di kemudian hari. [st]

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait