Ada Stimulus Vote Rp1,2 Miliar untuk Block Producers Blockchain Vexanium

853

Vexanium Foundation menggelar program stimulus vote untuk block producers di blockchain Vexanium. Jumlah vote yang diberikan tak tanggung-tanggung, yakni bernilai total 50 juta VEX atau setara Rp1,2 miliar dengan harga Rp25 per VEX pada siang hari ini. Bagaimana cara mendapatkannya?


“Program stimulus ini ditujukan agar jumlah block producers (BP) di blockchain Vexanium semakin banyak. Dari 50 juta VEX itu akan dibagi menjadi 3 kategori BP, yakni Existing Block Producers (10 juta VEX), New Block Producers (25 juta VEX) dan Technical Developer & Media Block Producers (15 juta VEX). Masing-masing kategori memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda untuk mendapatkan stimulus vote itu. Program berjalan mulai April-Juni 2020,” kata Danny Baskara, Pendiri Vexanium Foundation kepada Blockchainmedia.id.

Kata Danny, berkat program itu pula, kelak jumlah total staking vote akan bertambah dari 350 juta VEX menjadi 400 juta VEX.

Apa itu Block Producers?
Block Producers (BP) adalah komponen sentral di blockchain Vexanium yang menganut algoritma konsensus DPOS (Delegated Proof of Stakes).

Peran dan fungsi utamanya adalah untuk memverifikasi dan memvalidasi setiap transaksi VEX setiap block dan memperoleh imbalan dalam bentuk aset kripto VEX.

BERITA TERKAIT  Kripto Yuan Bisa Kalahkan Dolar AS Jika Libra Ditendang

Ini serupa dengan peran penambang (miner) di Bitcoin yang menganut Proof-of Work (PoW). Hanya saja, penambang Bitcoin tidak wajib mengalokasikan sejumlah Bitcoin tertentu agar bisa melakukan penambangan. Mereka, utamanya, cukup mengalokasikan modal untuk alat tambang khusus (ASIC Miner), yang lazimnya mengonsumsi daya listrik yang sangat besar.

Sedangkan di blockchain Vexanium, BP cukup mengalokasikan modalnya untuk membeli VEX dan modal lain berupa biaya sewa komputer server yang biaya listriknya tidak sebesar alat tambang Bitcoin.

Agar sebuah BP bisa menjalankan fungsi itu, maka ia harus memiliki dan menyimpan sejumlah aset kripto VEX tertentu (sebagai bagian dari modal) dan berusaha tetap berada di peringkat 21 besar dari semua Block Producers yang ada.

Hingga siang ini ada sekitar 49 BP yang stand by, berebut untuk masuk ke peringkat 21 besar.

Sejumlah Block Producers di blockchain Vexanium. Sumber: Vexanium Explorer

Nah, agar bisa masuk di peringkat 21 besar itulah, setiap BP memerlukan vote dari pengguna VEX lainnya. Vote yang diberikan berupa aset kripto VEX. Tentu para voter juga mendapatkan imbalan berupa VEX dari block producers yang didukungnya.

Jadi, semakin banyak jumlah vote (dalam bentuk VEX) yang diperoleh, maka semakin besar peluang Block Producers untuk masuk ke peringkat 21 besar itu untuk bisa memvalidasi dan memverifikasi transaksi.

Dan, di saat yang sama voter juga mendapatkan imbalan, sesuai dengan program imbalan yang diberikan oleh masing-masing BP.

Cerita singkat cara menjadi BP di blockchain Vexanium bisa Anda baca di artikel berikut ini.

Berikut 3 kategori BP yang berhak mendapatan program stimulus vote tersebut.

BERITA TERKAIT  Aksi Donasi Alat Pelindung Diri (APD) COVID-19 Ala Blockchain Vexanium

Existing Block Producers 
Vote untuk Existing Block Producers (E-BP) dialokasikan sebesar 10 juta VEX. EBP adalah BP yang sekarang aktif ataupun sedang standby di jaringan blockchain Vexanium.

EPB berhak mendapatkan tambahan vote jika mempunyai program yang menarik untuk mencari bakal calon BP baru dan bergabung ke jaringan Vexanium.

“Semua EPB berhak mendapatkan 1-2 juta vote tergantung dari seberapa menarik program yang dibuat. Misalnya mereka bisa membuat group di Telegram atau di Facebook, program airdrop new voters/new users, video tutorial, artikel tutorial dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan ekosistem BP,” kata Danny.

New Block Producers 
Khusus untuk New Block Producers (N-BP), mereka akan mendapatkan 50 persen dari jumlah vote di program ini selama 1 minggu sampai 3 bulan. Itu pun sangat tergantung dari jumlah pool maksimal yang terpenuhi.

BERITA TERKAIT  Vexanium Diajak untuk Memperkuat Sektor Pertanian Berbasis Blockchain

Sebagai contoh, ada NBP sudah mengeluarkan modal sebanyak 10 juta VEX untuk BP, maka mereka akan mendapatkan maksimal 5 juta vote saja. Total alokasi vote adalah 25 juta VEX.

“Namun jika ada 6 NBP, masing-masing bermodal 10 juta VEX (total 60 juta VEX), maka masing masing NPB akan mendapatkan kurang lebih 4.166.000 vote, karena jumlah pool adalah 25 juta vote),” tegas Danny.

Technical Developer & Media Block Producers (TDM-BP)
TDMBP khusus diperuntukkan bagi program developer dan insitusi media massa yang ingin menjadi BP di blockchain Vexanium. Total alokasi vote adalah 15 juta VEX.

Bagi technical developer akan diberikan sekitar 5-6 juta vote selama 1-3 hari agar menduduki peringkat 21 besar BP. Setelah itu akan diberikan sekitar 500 ribu-1 juta vote agar menjadi standby block producers.

Sedangkan bagi media massa, diberikan vote agar bisa menjadi standby block producers, minimal selama 1 minggu dan selanjutnya akan ditambahkam, jika media tersebut membuat konten-konten menarik seputar Vexanium. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO