Ada Wallet Yoroi Permudah Transaksi Cardano (ADA)

191

Bagi Anda yang pernah menyimpan kripto Cardano (ADA) di wallet Daedalus, pasti pernah mengalami kesulitan menggunakannya. Pengalaman BlockchainMedia menggunakan wallet bawaan Cardano itu memang bikin repot. Bayangkan saja, hari ini mungkin Anda bisa membukanya secara normal dan dapat melakukan transaksi. Tetapi belum tentu di lain hari. Dalam beberapa percobaan, Daedalus justru tidak terbuka sama sekali. Ketika dilakukan penginstalan ulang dengan versi baru, masalahnya tetaplah sama.


Besar kemungkinan ini disebabkan Daedalus harus menyinkronkan data blockchain terbaru ke dalam komputer pengguna. Dan proses ini melibatkan pindaian wallet pada port yang aktif. Soal ketidakandalan Daedalus ini memang diakui sendiri oleh banyak komunitas Cardano.

Adalah Emurgo, perusahaan underbow Cardano yang berbasis di Jepang, selang beberapa bulan belakangan mengembangkan Yoroi, wallet untuk ADA. Dengan wallet berbasis Extension Chrome ini Anda tak perlu lagi mengunduh data blockchain Cardano yang mencapai puluhan GB itu. Berikut caranya.

BERITA TERKAIT  Pasar Bitcoin Cs Memang Bergejolak, Tetapi Tumbuh Baik

Bagian Pertama: Instalasi

1. Masuklah ke website Yoroi. Di laman yang muncul, klik tombol Download Chrome Extension, hingga muncul sebuah bilah (tab) baru di Chrome. Pada laman tersebut klik tombol Tambahkan ke Chrome. Klik tombol Tambahkan Ekstensi. Tunggulah hingga proses unduh selesai.

2. Jalankan file ekstensi yang telah terunduh itu, hingga muncul icon Yoroi di sisi kanan address bar Chrome. Klik icon tersebut untuk membuka wallet di bilah baru.

 

Di tahap pertama Anda diminta memilih bahasa. Gunakanlah English, lalu klik tombol Continue.

Di bagian Term of Use, scroll ke bagian bawah dan centang pilihan “I agree with terms of use”, lalu klik tombol Continue.

BERITA TERKAIT  Binance Coin Tembus Rekor Tertinggi Sejak 2017

Di bagian berikutnya, Anda diminta memasukkan nama wallet dan password baru. Kemudian klik tombol Create personal wallet. Nama wallet minimal  3 karakter, maksimal 40 karakter. Kriteria password yang layak adalah minimal 7 karakter. Harus ada 1 huruf kapital, 1 huruf kecil dan 1 angka. Password nantinya digunakan untuk transaksi.

Tampilan berikutnya, Anda akan diminta membuat Recovery Phrase. Ini adalah aspek penting bagi wallet Anda, karena merupakan private key untuk mengakses wallet Chrome berbeda atau di komputer lain. Kehilangan private key sama artinya Anda tak bisa mengakses ADA milik Anda. Centanglah di bagian “Make sure nobody looks into your screen unless you want them to have access to your funds”. Lalu klik tombol Continue.

BERITA TERKAIT  Pejabat Perancis Ini "Emoh" Kripto Privasi

Di laman berikutnya Anda disuguhkan Recovery Phase sejumlah 15 kata. Ketiklah secara manual di Notepad simpan lalu amankan. Jikalau perlu lakukan screen shot/print screen. Kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol Yes, I’ve written it down.

Di tampilan berikutnya, Anda diminta mengklik kata-kata yang tersedia sesuai dengan urutannya, hingga muncul laman baru. Jika salah, klik tombol Clear untuk mengulangi.

Centang pada dua pilihan yang muncul dan lanjutkan klik tombol Confirm. Dan.. walah! Selamat datang di wallet baru Yoroi. Untuk melihat address, klik bilah Receive. Anda dipersilahkan untuk membuat address lainnya. Caranya, cukup klik tombol Generate new Address.

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO