Adam Back Pernah Minum Bir dengan Satoshi Nakamoto?

1249
Adam Back, CEO Blockstream.

Marshall Hayner CEO Metal Pay meyakini bahwa Adam Back, penemu Hashcash pernah minum bir dengan pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto di London. Hayner mengatakan hal itu terjadi saat pesta peluncuran Blockstream di Los Gatos, California beberapa tahun lalu.

Hayner mengklaim ia diundang ke pesta tersebut oleh Austin Hill CEO Blockstream saat itu. Dikabarkan, topik Satoshi Nakamoto diungkit dan Back, yang acapkali diduga sebagai Satoshi Nakamoto mengatakan ia pernah bertemu dengan Satoshi.

“Saya tidak ingin berkata terlalu banyak. Tetapi ia [Satoshi Nakamoto-Red] adalah warga Inggris dan saya pernah bertemu di London dan minum bir bersama. Saya pikir ia mungkin agen MI6,” sebut Hayner meniru perkataan Back.

Hayner berasumsi pertemuan tersebut terjadi antara tahun 2009-2010. Telah lama beredar rumor bahwa Bitcoin berasal dari salah satu atau gabungan badan intelijen negara tertentu.

BERITA TERKAIT  CoinGeek Hampir Kuasai 51 Persen Hashrate Bitcoin SV

CEO Metal Pay tersebut mengingat sejumlah individu yang dekat dengan Back dan Blockstream hadir di pesta itu, termasuk Austin Hill dan Gregory Maxwell, pengembang Bitcoin Core.

Ketika dihubungi Cointelegraph, Back membantah ia pernah bertemu Satoshi Nakamoto. Ia menjelaskan, “Saya tidak pernah berkata itu sebab itu tidak benar. Setahu saya belum pernah ada yang mengklaim bertemu Satoshi secara langsung. Saya juga tidak tahu siapa Marshall Hayner dan tidak berinteraksi dengan tentang ini.”

Maxwell merespon ucapan Back. Ia hadir di pesta tersebut, tetapi mengatakan tidak ingat persis Back pernah bercerita seperti itu. Ia menambahkan, “Jika cerita itu benar, maka tidak konsisten dengan sikap Adam Back selama ini dan juga tidak sejalan dengan riwayat Bitcoin. Sepengetahuan saya, tidak ada anggota komunitas yang pernah bertemu Satoshi.”

BERITA TERKAIT  Mengenal Stablecoin Dolar AS Paxos Standard (PAX)

Maxwell menanyakan orang lain yang hadir di pesta tersebut dan mereka juga tidak ingat kisah itu.

Hayner menegaskan tidak mungkin Adam Back mengkonfirmasi cerita itu. Jika klaim Hayner benar, maka ini adalah pertama kali terjadi “penampakan” Satoshi. Kendati Back tidak mendukung klaim Hayner, kisah itu bisa memastikan dugaan Satoshi berasal dari Inggris.

Seandainya Satoshi ingin bertemu seseorang dari komunitas kripto, Back merupakan kandidat yang paling baik sebab Hashcash adalah salah satu komponen utama Bitcoin. [cointelegraph.com/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO