Akankah Bitcoin Rebut Kembali Bullish US$10 Ribu?

2620

Bitcoin menutup Februari 2020 dengan bearish, setelah mengalami kenaikan yang sangat kuat pada Januari 2020. Meskipun banyak orang mulai panik dikarenakan penurunan yang besar, masih banyak pula orang yang bullish dan yakin bahwa penurunan ini hanyalah koreksi sementara. Akankah Bitcoin mampu merebut kembali bullish US$10 Ribu?

OLEH: Muhammad Kurnia Bijaksana
Pendiri komunitas trader “The Crypto Legend Indonesia” yang berfokus pada edukasi analisis teknikal dan psikologis trader aset kripto. Analisis teknikal Kurnia hadir setiap pekan pada hari Minggu petang.

Berdasarkan timeframe mingguan, setidaknya kita sudah bisa melihat beberapa pertanda bearish dan kelanjutannya.

Pertama, terjadi wick-filling pada minggu lalu yang telah mengisi sumbu yang terbentuk di minggu kedua Februari, Dan sekarang harga Bitcoin sedang menguji untuk mengisi wick yang terbentuk pada minggu ketiga Januari.

BERITA TERKAIT  Genesis Block Roxe Chain Tercipta di Hari Bitcoin Pizza

Kedua, sudah terbentuk candle bearish engulfing di minggu lalu, yang merupakan pertanda sangat kuat dari momentum bearish.

Ketiga, sekarang harga Bitcoin sedang menuju ke bawah untuk menguji pola falling wedge yang terbentuk pada tahun 2019.

Pada umumnya, breakout dari sebuah pola akan diikuti dengan retest sebelum naik atau turun lagi. Kita harapkan bahwa Bitcoin dapat naik lagi setelah menguji pola falling wedge itu.

Pada timeframe harian, meskipun belum lama mengalami Golden Cross (yang biasa disebut sebagai pertanda bullish yang kuat), harga Bitcoin sudah menjebol ke bawah 200 MA. Hal ini menjadi pertanda yang kurang baik bagi orang yang masih berharap harga masih bisa naik.

Kesimpulan
Perdagangan aset kripto seperti Bitcoin adalah kegiatan beresiko tinggi. Penulis secara pribadi menunggu harga Bitcoin ke bawah US$8000, bahkan US$7000-an sebelum memutuskan membeli untuk investasi.

BERITA TERKAIT  Sah, Bitcoin cs Resmi Diperdagangkan di Bursa Berjangka Komoditi

Walaupun Bitcoin Halving akan terjadi dan banyak orang sudah mulai menggaungkan harapan dan euforianya, kita masih ada kurang lebih 3 bulan lagi dari Halving.

Masih banyak hal yang bisa terjadi, baik itu kenaikan harga ataupun penurunan harga Bitcoin. [KUR]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO