Akhirnya Game Jadul Atari Ini Pakai Blockchain

215

Game jadul terbitan Atari, yakni Pong, Asteroids, Lunar Lander dan Centipedes akhirnya pakai blockchain berkat bantuan perusahaan Animoca Brands.


Anda pembaca dari kalangan milenial pasti tak asing dengan game seperti Pong itu. Pong adalah video game generasi pertama untuk kategori arcade yang dioperasikan dengan koin yang dikembangkan oleh Atari pada 29 November, 1972. Basis Pong adalah mirip tenis meja. Sebutan Pong berasal dari suara yang dihasilkan ketika memukul bola ping pong.

Menguak Fakta PONG, Game Pertama di Dunia yang Ternyata...

 

Animasi Video Game |

“Kami mendapatkan hak untuk menerbitkan kembali 3 game milik Atari itu, yang diperkaya dengan teknologi blockchain. Game itu adalah Pong, Asteroids, Lunar Lander dan Centipedes. Aminoca akan memiliki hak eksklusif untuk menyediakan konten blockchain untuk konsol video game Atari yang lain,” sebut Frederic Chesnais CEO Animoca Brands, Selasa (4 Agustus 2020) lalu.

Dengan capaian itu, Animoca Brands yang bermarkas di Hong Kong memberi pengguna lebih banyak akses ke sektor hiburan khususnya dalam bentuk game.

“Game berbasis teknologi blockchain adalah contoh sempurna untuk jenis hiburan bagi pengguna Atari,” katanya.

Secara konkret Animoca Brands akan “menyulap” gamegame jadul itu sehingga memiliki aset kripto atau yang dikenal dengan non-fungible tokens (NFT).

Mirip seperti CryptoKitties, token itu dibuat dengan smart contract khusus dan berjalan di blockchain.

Belum ada keterangan resmi kapan game-game Atari “generasi blockchain” itu akan diluncurkan. Yang pasti, sebelum ini, Animoca Brands juga sudah meneken kerjasama dengan Atari untuk game yang lain.

BERITA TERKAIT  Walmart Pakai Blockchain Lacak Pengiriman Udang

Malah sebelumnya, Animoca Brands sudah mengantongi lisensi untuk virtual car untuk mobil Formula 1, juga menggunakan blockchain. Edisi pertama sempat laku Rp15 miliar. [Decrypt/red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO