Aksi Ambil Untung Whale Bitcoin (BTC)

Aksi ambil untung oleh sejumlah whale Bitcoin (BTC) terus berlangsung. Motifnya sederhana, yakni untuk mendapatkan BTC sebanyak mungkin di harga termurah.

Hal itu disampaikan oleh analisis kripto Willy Woo belum lama ini di Twitter, setelah harga Bitcoin ambrol lagi di kisaran US$38 ribuan.

Willy Woo berpendapat bahwa ada sejumlah sekelompok pelaku pasar tertentu yang menambah tekanan jual.

Woo mencatat bahwa investor paling awal yang membeli BTC di harga satuan US$200 melakukan dumping, sehingga mereka dapat meraup kripto di harga semurah mungkin.

“Masalahnya adalah, orang-orang yang membeli [BTC-Red] dengan harga US$200, yang memiliki lebih banyak kepemilikan BTC daripada pembeli baru-baru ini di atas US$20 ribu, mengambil aksi untung, sehingga mereka dapat memeras harga kripto menjadi jauh lebih murah. Konsepnya sederhana dan tidak ada yang tahu masa depan dengan pasti,” sebut Woo.

Aksi dumping ini tentu saja sangat lumrah, karena status keuntungan mereka sudah sangat tinggi dan mengharuskan mereka mencicipi cuan.

Komentar Woo adalah merespons sejumlah pengguna di Twitter yang memandang bahwa sejumlah whale BTC lainnya tak akan menjual saldo mereka ketika harga jatuh menjadi US$20 ribu.

Bitcoin Turun di bawah US$40.000, Saham Kripto Kinclong

Sementara Bitcoin terus mengalami lebih banyak kerugian, investor yang memainkan permainan jangka panjang dalam saham terkait aset kripto justru senyum sumringah. Pasalnya sejumlah harga saham itu tampak kinclong menghijau.

Harga sama Coinbase dan MicroStrategy, misalnya sempat melonjak karena perintah eksekutif Presiden Biden. Namun di hari berikutnya saham Coinbase melonjak lebih dari 10 persen sejak penutupan pasar kemarin, sementara saham di MicroStrategy mencatatkan kenaikan 6,42 persen.

Saham terkait aset kripto yang signifikan lainnya juga merupakan pemenang yang menonjol. PayPal naik 5,2 persen dan Tesla milik Elon Musk telah melonjak lebih dari 4 persen. Perusahaan pertambangan kripto juga telah membukukan keuntungan terbesar, dengan Marathon naik hampir 14 persen dan Riot melonjak 11 persen.

Ketika artikel ini ditulis, Sabtu (12/03/2022), harga Bitcoin mulai masuk ke US$39 ribu lagi. Menyusul harga kripto Ether (ETH) di kisaran US$2.500, BNB (US$373), XRP (US$0,8). Kripto itu tampil hijau dalam 24 jam terakhir. Sedangkan Terra (LUNA) masih lajur bearish di US$91, setelah mencetak harga tertinggi sepanjang masa beberapa hari sebelumnya. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait