Alasan Harga Shiba Inu Hari Ini Naik Lebih Besar Daripada Bitcoin

Harga Shiba Inu hari ini sempat mencetak kenaikan signifikan pada Sabtu, setelah pasar kripto merosot dan harga Bitcoin (BTC) ambrol hingga kisaran US$21.000 dan US$20.700.

Pasar Kripto Merah, Tapi SHIB Melompat 4-7 Persen

Pada Jumat, 19 Agustus 2022, harga Bitcoin memupus harapan naik para penikmatnya selama berminggu-minggu, setelah jatuh ke US$21.230, bahkan pada Sabtu (20/8/2022) dini hari sempat terendah di US$20.700.

Penyebab utamanya adalah pelaku pasar was-was inflasi di AS belum mereda dan The Fed bisa menaikkan suku bunga lebih besar lagi pada September 2022 mendatang sebesar 75 basis poin.

Sentimen itu memupus harapan dalam beberapa pekan terakhir, bahwa BTC sebagai kripto nomor wahid, pada akhirnya akan melakukan pemulihan yang kuat setelah kehancuran yang menghancurkan pada Mei dan Juni.

IKLAN

Sementara itu ETH, menikmati tren naik yang bagus selama sebulan terakhir dari semangat menjelang merge kian dekat jadwalny. Namun, ETH telah memetakan jalur yang mirip dengan Bitcoin hari ini, anjlok sempat anjlok 5,84 persen 18,28 persen selama sepekan.

Salah kripto papan atas, yakni Shiba Inu (SHIB) juga bernasib serupa, tetap dengan cepat melonjak sempat naik 4,13 persen lalu lanjut lebih besar hingga 7 persen pada hari ini di kisaran US$0,0000134, dengan kapitalisasi pasar adalah US$7,8 miliar.

Mengapa Harga Shiba Inu Hari Ini Cepat Naik daripada BTC?

Kinerja SHIB yang lebih baik tampaknya terkait dengan lonjakan tingkat pembakaran (burn) token bertenaga blockchain Ethereum itu. Investor membakar sekitar 14 juta SHIB pada 17 Agustus 2022, yang meroket menjadi lebih dari 170 juta pada 18 Agustus 2022, per data dari SHIB Burn Tracker, naik sekitar 1.000 persen.

Harga Shiba Inu Hari Ini
Harga SHIB naik lebih cepat dan tinggi daripada BTC, hingga lebih dari 7 persen.

Hal lainnya karena pengembang inti Shiba Inu meluncurkan portal pembakaran SHIB pada April dalam upaya untuk mengurangi pasokan token, yang dapat menyebabkan kenaikan harga di masa depan, karena jumlah unitnya lebih langka.

IKLAN
Harga Bitcoin naik tipis hari ini.

Mekanisme pembakaran token secara berkala oleh komunitas, memberi insentif kepada pengguna dengan imbalan token “burntSHIB”, yang dapat dipertaruhkan untuk menghasilkan imbalan dalam bentuk token RYOSHI.

Secara keseluruhan, jaringan Shiba Inu telah membakar lebih dari 410 triliun token SHIB dari pasokan awalnya, menurut portal pelacakan data ShibBurn.com.

Aksi Whale ETH di SHIB

Aksi whale SHIB juga memang tampak kentara pada kenaikan ini. Berdasarkan data WhaleStats, jumlah SHIB yang dipegang oleh whale ETH teratas telah meningkat secara substansial dalam semalam setelah mereka membeli sebanyak 383,7 miliar crypto meme lainnya.

Data terbaru, whale ETH saat ini memegang total Shiba Inu senilai US$163.682.816. Ini adalah peningkatan sangat besar dalam semalam pada Jumat, mereka memegang SHIB senilai US$158,5 juta.

IKLAN

Dengan demikian, mereka telah membeli SHIB senilai US$5,1 juta hanya dalam semalam, yang setara dengan 383.747.178.329 SHIB.

Awal pekan ini, whale menjual sekitar US$33 juta SHIB, membuat simpanan mereka menyusut dari US$191,2 juta menjadi US$158,5 juta. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait