Altcoin Berpesta! Akankah ini Berlanjut?

2866

Beberapa sebelumnya kita menyaksikan altcoin (aset kripto selain Bitcoin) mengalami kenaikan yang fantastis. Beberapa aset kripto bahkan ada yang naik hingga lebih dari 50 persen per hari.


OLEH: Muhammad Kurnia Bijaksana
Trader Aset Kripto dan Pendiri CryptoLegend Indonesia

Namun Bitcoin tidak terlalu menonjolkan taringnya, dengan hanya naik 1,68 persen sejak 24 jam terakhir ketika artikel ini saya tulis. Timbul pertanyaan, akankah hal ini berlanjut? Akankah Bitcoin ikut naik atau malah tenggelam, sementara altcoin terus mengamuk?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita dapat melihat di grafik dominasi BTC yang merupakan persentase kapitalisasi pasar Bitcoin dibandingkan ribuan aset kripto yang ada.

Makna Dominasi
Secara sederhana, jika dominasi Bitcoin turun, maka aset kripto lain akan berkinerja lebih baik daripada Bitcoin. Dengan kata lain jika altcoin akan naik, atau jika pasar aset kripto sedang lesu, altcoin tidak akan turun sebanyak Bitcoin.

Begitu pula sebaliknya, jika dominasi Bitcoin naik, maka Bitcoin akan berkinerja lebih baik daripada altcoin. Artinya, Bitcoin akan naik lebih daripada altcoin atau jika pasar aset kripto sedang lesu, Bitcoin lebih kuat “bertahan”.

Sepintas, kita bisa lihat bahwa dominasi Bitcoin sudah mengalami penurunan besar-besaran sejak beberapa hari yang lalu. Perhatikan gambar di bawah ini.

BERITA TERKAIT  Skalabilitas Blockchain yang Bunuh Desentralisasi

Sekarang dominasi Bitcoin berada di support 1. Jika support ini tertembus, maka dapat dipastikan altcoin akan semakin mengamuk dan kita dapat menikmati pesta altcoin hingga dominasi mencapai support 2.

Diperkirakan bahwa jika dominasi Bitcoin telah memantul dari support, maka pesta altcoin, atau dikenal juga dengan altseason akan mulai berakhir.

Umumnya investor yang telah mengambil banyak keuntungan dari altcoin akan menginvestasikan ulang uangnya ke aset lain, salah satunya Bitcoin, sehingga harga Bitcoin dapat naik lagi dan berkinerja lebih baik daripada altcoin. [kur]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO