spot_img
spot_img

Analis: Harga Cardano (ADA) Bisa Jadi US$10 Tahun Depan

Menurut data bursa kripto Kraken, pada Senin (13/09/2021), harga Cardano (ADA) mencapai US$2,33, turun 12,21 persen terhadap USD dalam kurun waktu 24 jam.

Penurunan ini kurang terkait dengan Cardano dan lebih disebabkan kesehatan pasar kripto. Selama beberapa hari terakhir, semua aset kripto terbesar selain USDT, USDC dan BUSD, anjlok. Sebagai contoh, Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) tersungkur 3,95 persen dan 7,32 persen.

Potensi Kripto Cardano, ADA 

Kendati demikian, bila melihat ADA/USD memakai jangka waktu panjang, maka terlihat gambaran berbeda. Sejak awal tahun 2021, ADA/USD meroket fantastis sebesar 1.184 persen.

Pembaruan hard fork Alonzo sukses dijalankan di mainnet sesuai jadwal. Perubahan ini dikonfirmasikan oleh IOHK, perusahaan riset yang membangun Cardano.

Beberapa jam menjelang hard fork Alonzo, Tim Harrison, Direktur Pemasaran dan Komunikasi IOHK, menulis blog yang menjelaskan bahwa Alonzo merupakan titik bersejarah bagi kelahiran ekosistem baru.

Salah satu topik yang diungkit Harrison adalah kritik terhadap Cardano sebagai platform smart contract. Ia menyebut kendati komunitas Cardano terbuka terhadap kritik yang membangun, terlampau sering Cardano diserang FUD (fear, uncertainty, doubt) oleh pihak yang tidak netral.

“Kita perlu bekerja lebih baik bila ingin mempercepat adopsi lebih luas. FUD sangat besar saat pembaruan penting, tetapi bagi saya merupakan bagian dari kegiatan sehari-hari. Untungnya, sebagian besar kolega saya fokus membangun dan tidak acuh terhadap kebisingan,” jelas Harrison.

Harrison menduga blockchain ini akan didera oleh FUD selama pekan-pekan mendatang, tetapi hal itu justru akan memperkuat tekad Cardano untuk membuktikan diri. Ia berkata komunitasnya sangat hidup dan bersemangat memberikan dukungan dengan fakta secara sopan.

Menyusul pembaruan Alonzo, CEO IOHK Charles Hoskinson menjelaskan langkah berikutnya bagi tim IOHK dan Cardano. Ia berkata akan ada banyak hal terjadi dan bisnis seperti biasa.

“Jaringan akan menerima beban lebih tinggi sebab banyak orang bermain-main dengan aplikasi baru serta mengujicoba hal-hal baru,” kata Hoskinson melalui YouTube.

10 menit setelah mainnet melakukan hard fork ke era Alonzo, 23 kontrak pintar yang ditulis dalam bahasa Plutus dijalankan di blockchain tersebut.

Menanggapi kemajuan Cardano, Michael van de Poppe berpendapat harga ADA mampu mencapai US$5. Sementara itu, Simon Dedic, co-founder dan rekan manajemen Moonrock Capital, penasihat investasi blockchain asal London, meyakini harga ADA bisa menyentuh US$10 pada pertengahan tahun 2022. [cryptoglobe.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait