spot_img
spot_img

Andreessen Horowitz: Dana Jumbo US$2,2 Milyar untuk Industri Bitcoin Cs

Industri Bitcoin Cs (kripto) memang tak main-main. Buktinya ini, ada dana jumbo senilai US$2,2 milyar, setara Rp31,7 triliun buat pengembangannya dari Andreessen Horowitz.

Adalah perusahaan ventura Andreessen Horowitz meluncurkan dana kripto baru khusus industri yang terkait dengan blockchain-aset kripto. Dana itu ditujukan untuk untuk menambah ukuran dan daya tarik proyek blockchain.

Ini menjadi bukti nyata, bahwa perusahaan dana modal ventura yakin kepada masa depan industri baru ini.

Crypto Fund III, dana ventura sebesar US$2,2 milyar yang dipimpin rekan umum Andreessen Horowitz, yakni Chris Dixon dan Katie Haun resmi diumumkan pada Kamis (24/06/2021).

Asal tahu saja, perusahaan Andreessen Horowitz adalah perusahaan investasi di balik sejumlah perusahaan besar, seperti Facebook, Twitter, Zynga, Coinbase, Clubhouse dan banyak lagi.

Dana ini akan digunakan untuk membiayai jaringan kripto serta tim yang berkontribusi kepada ekonomi desentralistik.

“Dana ini membantu kami menemukan pendiri kripto yang memiliki visi dan berinvestasi di sektor kripto paling menjanjikan. Kami investasi di semua tahap, dari tahap early seed hingga jaringan yang sudah berkembang sepenuhnya,” jelas Andreessen Horowitz, dilansir dari Cointelegraph, Kamis (24/6/2021).

Andreessen Horowitz bitcoin
Marc Andreessen dan Ben Horowitz Pendiri perusahaan ventura Andreessen Horowitz.

Ukuran portofolio tersebut lebih besar dibanding dana US$1 milyar yang dikabarkan digarap oleh Andreessen Horowitz awal tahun ini.

Dana itu melanjutkan Crypto Fund II, inisiatif investasi yang diluncurkan Andreessen Horowitz pada Agustus 2020.

Andreessen Horowitz adalah investor produktif di industri blockchain yang telah memimpin sejumlah investasi besar, termasuk penjualan token baru yang memberikan Solana Labs US$314 juta.

Andreessen Horowitz adalah pula di belakang investasi US$23 juta untuk toko daring NFT OpenSea, investasi US$40 juta ke Talos dan putara US$28 juta di  Aleo.

Selain itu, Andreessen Horowitz turut memimpin investasi US$105 juta ke Dfinity pada 2018 silam.

Portofolio blockchain pemodal ventura itu mencakup sejumlah nama besar di industri kripto, beberapa diantaranya yaitu Coinbase, Diem besutan Facebook, Compound dan Maker.

Libra Association Jadi Diem, Stablecoin-nya Terbit Tahun Depan?

Selain pengumuman dana kripto baru, Andreessen Horowtiz telah merekrut lima eksekutif bagi timnya, yaitu Bill Hinman, mantan Direktur Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC) AS; Rachel Horowitz, mantan Kepala Komunikasi di Twitter, Google dan Facebook; dan Tomicah Tilleman, yang pernah menjabat sebagai penasihat senior Joe Biden dan Hillary Clinton.

Alex Price, pengusaha yang mendirikan firma riset kuantitatif yang kemudian diakuisisi Genesis Capital, juga bergabung ke tim perusahaan ventura itu.

Sosok lainnya adalah Brent McIntosh yang sebelumnya bertugas di Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional. [cointelegraph.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait