Anggota DPR AS: Ripple Labs XRP Akan Kalah Melawan SEC di Pengadilan

Anggota DPR AS Brad Sherman berkata aset kripto Ripple Labs (XRP) akan kalah melawan Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC). Ia meyakini SEC akan menang dalam persidangan sebab XRP adalah sekuritas.

Ripple Labs XRP Akan Kalah?

Pada bulan Desember 2020, SEC mengajukan tuntutan hukum kepada Ripple Labs dengan tuduhan XRP adalah sekuritas tidak terdaftar. SEC menuduh perusahaan dan kedua eksekutif telah menarik dana US$1,3 milyar melalui penjualan XRP.

Pengadilan AS belum menentukan klasifikasi regulasi XRP sebab keputusan tersebut belum diambil sebelum tahun depan

XRP merupakan aset digital pada blockchain XRP yang dikembangkan Jed McCaleb, David Schwartz dan Arthur Britto. McCaleb dan Britto membentuk Ripple dan memakai XRP untuk melakukan transaksi jaringan.

IKLAN

Sherman dikenal sebagai lawan yang sengit bagi industri kripto. Pada tahun 2018, ia menghimbau pelarangan total terhadap aset kripto.

Bitcoinist melaporkan, belum lama ini, Sherman meminta SEC untuk membatasi perdagangan XRP pada bursa kripto AS. Anggota DPR tersebut bahkan mengkritik SEC dan berkata lembaga itu gagal mengejar bursa yang mendukung perdagangan XRP.

Penasihat hukum Ripple Labs, Stuart Alderoty, berargumen dengan Sherman dan berkata bahwa pelaporan kasus persidangan XRP tidak menjadikan aset kripto tersebut tergolong sekuritas.

Pengacara Jeremy Hogan terkejut dengan Sherman yang menyimpulkan XRP adalah sekuritas. Pasalnya, pengadilan AS mengungkap pihak penggugat dan tergugat tidak dapat menghadirkan bukti dengan pihak ketiga.

IKLAN

Report Fox Business Eleanor Terrett melaporkan Sherman yakin XRP adalah sekuritas dikarenakan dasar-dasar yang disampaikan dalam pandangan SEC.

Kepada direktur divisi SEC Gurbir Grewal, Sherman bertanya, “Bila XRP adalah sekuritas, kenapa bursa-bursa kripto tidak dianggap melanggar aturan hukum?”

Dalam pembelaan SEC, Grewal berkata pihaknya telah mengejar bursa Poloniex asal Delaware, AS, pada tahun 2021.

Menanggapi hal tersebut, Sherman mengkritik bahwa SEC hanya berani mengejar bursa kripto yang kecil dan tidak yang besar.

Ahli hukum kripto John Deaton berkata SEC tidak melakukan penentuan sekuritas terhadap aset. Hak tersebut dikuasai oleh Pengadilan Federal.

CEO Ripple Labs Brad Garlinghouse turut menanggapi pernyataan Sherman. Ia berkata pendapat anggota DPR tersebut berdasarkan tujuan politik. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait