Antisipasi! Bitcoin Bisa Naik Besar, Altcoin Ada Sinyal Ambruk

5313

Ketika artikel disusun, Bitcoin relatif sedang mengalami sideways. Ada kemungkian dia akan naik. Sementara itu untuk altcoin, tersembul sinyal akan ambruk.

OLEH: Muhammad Kurnia Bijaksana
Trader Aset Kripto dan Pendiri CryptoLegend Indonesia

Saat ini Bitcoin tengah berkonsolidasi di zona US$9.200-9.600, setelah beberapa bulan reli sangat kuat dari US$3.800 ke sedikit di atas US$10 ribu. Sepintas, Raja Aset Kripto masih terlihat akan naik untuk kembali menguji resisten di sekitar US$10 ribu.

Namun, untuk altcoin, ada sejumlah sinyal harga akan turun dan pergerakan tren naik akan berbalik. Lihat grafik Ether berikut ini.

Munculnya pola last bullish engulfing di Ether.

Pada grafik kita bisa lihat adanya pola last bullish engulfing. Pola candlestick yang jarang muncul ini merupakan pertanda akan habisnya momentum bullish dan mulainya momentum bearish.

Kewaspadaan diperkuat dengan adanya bearish engulfing atau dump beberapa hari lalu, yang tepat terletak di area resisten Ether. Akankah terjadi koreksi mendalam, setelah bull market yang cukup lama?

BERITA TERKAIT  Ini Sinyal Baru Bitcoin yang Patut Diperhatikan

Sebagai perbandingan, kita bisa melihat aset kripto lain, seperti Litecoin (LTC) dan EOS. Keduanya menunjukkan potensi koreksi yang sama.

Pergerakan LTC serupa dengan Ether.
Pergerakan EOS serupa dengan Ether.

Salah satu cara untuk memproyeksikan apakah altcoin akan reli atau dump adalah dengan melihat dominasi Bitcoi. Jika dominasinya naik terhadap aset kripto lain, maka Bitcoin akan naik dan altcoin akan turun atau malah kedua-duanya.

Jika dominasi Bitcoin turun, maka Bitcoin akan turun dan altcoin akan naik atau keduanya.

Dominasi Bitcoin.

Saat ini dominasi Bitcoin berada di area support sekitar 65 persen. Jika Bitcoin berhasil naik, maka akan sesuai dengan analisa bahwa altcoin akan terkoreksi cukup dalam dari sini.

Namun, jika dominasi Bitcoin menjebol support, kita bisa berharap malah akan terjadinya altseason. [muh]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO