spot_img
spot_img

Apa Kabar Kripto Berjangka Versi ICDX?

Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi Derivatif Indonesia (BKDI) pada Juli lalu, mengungkapkan rencananya untuk menerbitkan produk baru, yaitu kontrak berjangka untuk kripto (cryptocurrency). Saat itu, Chief Executive Officer ICDX Lamon Rutten menyampaikan, peluncuran kontrak kripto berjangka akan dilaksanakan pada tahun ini.

Meski waktu itu, ia belum bisa mengungkapkan secara spesifik kapan persisnya rencana tersebut terealisasi, tetapi disebutkan pada September hingga Desember atau kuartal keempat 2018.

Lalu, bagaimana kabar rencana tersebut? Lamon yang ditemui di sela-sela acara InBlock 2018 di Jakarta yang digelar Tokocrypto.com, Sabtu (15/9) lalu, enggan membicarakan lagi rencana tersebut.

“Saya tidak akan bicara tentang produk baru di bursa,” ujarnya Lamon singkat.

Lamon beralasan, saat ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sedang membahas hal-hal teknis terkait ditetapkannya kripto sebagai komoditi. Karena itu, ia mengatakan, dirinya belum mau berpikir tentang produk baru, karena sekarang bersama Bappebti masih berpikir tentang “sistem regulasi”.

“Pada dasarnya kami memiliki sejumlah dokumen tentang rancangan produk yang kami inginkan. Jadi, hingga Bappebti selesai menyusun aturannya, kami tidak akan mulai,” ujarnya.

Lamon mengatakan dari sisi regulasi sebetulnya sudah tidak ada kendala, karena pada dasarnya peraturan yang ada sudah cukup. Yang perlu adalah guidance, karena produk ini baru di Indonesia dan kami tidak mau memulai produk baru, kalau orang lain tidak mengerti tentang produk itu. Maka, lebih baik perlahan-lahan saja,” ujarnya.

Menurut Lamon, dibandingkan sejumlah negara lain, pemerintah Indonesia menurutnya lebih friendly terhadap kripto. Di Tiongkok misalnya menurut dia, pemerintah melarang kripto. Sementara Indonesia, melalui Bappebti sudah menetapkan sebagai komoditi dan saat ini sedang menyusun pedomaan perdagangannya.

Walaupun lagi-lagi tak menyampaikan waktu yang spesifik, Lamon mengatakan kripto berjangka ICDX akan tetap diluncurkan. Namun, saat ini, “saya tidak mau bicara tentang produk baru. Tunggu sebentar, saya harap tidak telalu lama,” ujarnya. [jul]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait