Apifiny Gunakan Roxe, Transfer Uang Lintas Negara Lebih Cepat dan Murah

207

Apifiny, perusahaan asal San Fransisco, Amerika Serikat (AS) belum lama ini mengumumkan peluncuran jaringan clearing dan settlement, Roxe. Menurut perusahaan, jaringan itu memungkinkan transfer uang lintas negara jauh lebih cepat dan murah.

“Saat ini, proses clearing dan settlement dalam mekanisme transfer uang lintas negara sangat mahal dan lama. Di sejumlah bank di AS saat ini, biaya transfernya rata-rata US$25-35. Angka itu lebih dari 10 kali lipat biaya transfer uang domestik (dalam negeri). Yang parahnya, uang baru sampai rata-rata 5 hari kerja. Kalau dirinci, ada sejumlah pihak yang terlibat dalam proses itu. Dan masing-masing membebankan sekian persen biaya,” kata Haohan Xu, CEO Apifiny.

Apifiny merujuk pada proyeksi Accenture soal keunggulan blockchain itu. Menurut Accenture, Dengan mengadopsi teknologi blockchain, maka industri perbankan global dapat menghemat hingga US$20 miliar pada tahun 2022. Dengan teknologi blockchain proses clearing dan settlement berlangsung secara instan.

“Roxe memiliki jaringan khusus, yakni clearing dan settlement yang berskala global, mempercepat transfer uang, sama cepat dengan mengirimkan informasi melalui Internet. Ketika Amazon merestrukturisasi industri ritel di AS, maka Roxe merestrukturisasi cara transfer uang dan membantu bank-bank besar dunia dan lembaga-lembaga keuangan mentransfer uang lebih cepat dan lebih andal sembari menghemat biaya yang signifikan,” jelas Xu.

Menurut Xu, jaringan itu dirancang untuk mendukung mata uang dolar dan beberapa mata uang digital utama. Kelak jaringan mendukung semua mata uang fiat sejumlah negara anggota G20 dan semua 50 mata uang digital (cryptocurrency/aset kripto) terbesar.

BERITA TERKAIT  Alibaba Sokong Dana bagi Startup Blockchain

Roxe Chain bukanlah jenis public blockchain seperti Ethereum dan lain sebagainya, melainkan permissioned blockchain yang perlu akses khusus untuk menggunakannya.

Itulah sebabnya Roxe memerlukan komponen supernode, sebagai simpul utama jaringan yang mengumpulkan, menyimpan, memproses dan memvalidasi transaksi.

“Saat ini supernode yang telah dipadukan di Roxe adalah Mercurity Fintech Holding Inc. (NASDAQ: MFH) dan Apifiny Asia Pte. Ltd. Ke depan akan semakin banyak bank, perusahan keuangan, dan organisasi lain yang bergabung di Roxe sebagai supernode,” kata Xu. [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO