spot_img
spot_img

Aplikasi Cash Besutan Square Raih US$1,8 Milyar Dari Bitcoin

Square, perusahaan layanan pembayaran, melaporkan penghasilan bruto sebesar US$1,82 milyar di kuartal ketiga dari Bitcoin. Pendapatan tersebut lebih tinggi 11 persen dibanding kurun waktu yang sama tahun lalu. Pada kuartal ketiga ini, keuntungan bruto Square dari Bitcoin mencapai US$42 juta, meningkat 29 persen dibandingkan tahun lalu.

Dalam surat untuk pemegang saham pada kuartal ketiga yang diterbitkan Kamis lalu, Square melaporkan total pendapatan bersih pada kuartal tersebut sebesar US$3,84 milyar, atau naik 27 persen dalam satu tahun.

Penghasilan Bitcoin perusahaan itu didapatkan dari layanan pembayaran ponsel, Cash App.

Aplikasi ini menghasilkan pendapatan total US$2,39 milyar dan keuntungan kotor US$512 juta di kuartal ketiga, lebih tinggi 16 persen dan 33 persen dibandingkan tahun lalu.

Dari total pendapatan, Cash App meraih US$1,82 milyar dari Bitcoin dan keuntungan kotor U$42 juta di kuartal ketiga 2021. Angka tersebut lebih tinggi 11 persen dan 29 persen dari tahun lalu.

Keuntungan kotor Bitcoin menduduki porsi 2 persen dari total pendapatan Bitcoin oleh Square di kuartal ketiga. Perusahaan itu menjelaskan pendapatan Bitcoin adalah total penjualan Bitcoin ke pelanggan.

Square menambahkan, biaya Bitcoin adalah total Bitcoin yang telah dibeli Square. Perusahaan ini membeli Bitcoin untuk memfasilitasi akses Bitcoin bagi pelanggan.

Perusahaan itu menjelaskan, dibandingkan kuartal kedua, pendapatan dan keuntungan kotor Bitcoin oleh Square berkurang. Hal itu disebabkan utamanya oleh harga Bitcoin yang relatif stabil, sehingga mempengaruhi aktivitas perdagangan dibandingkan periode sebelumnya.

Selain itu, perusahaan mengingatkan bahwa di kuartal-kuartal berikutnya pendapatan dan keuntungan kotor dari Bitcoin bisa berfluktuasi sebagai akibat perubahan minat pelanggan atau harga Bitcoin, terutama di masa pertumbuhan cepat dibandingkan kuartal keempat tahun 2020.

Perusahaan melanjutkan, pihaknya telah menanamkan investasi sebesar US$50 juta ke Bitcoin di kuartal keempat tahun lalu dan US$170 juta tambahan di kuartal pertama tahun ini.

Pada kuartal ketiga, Square mengakui mengalami kerugian sementara sebesar US$6 juta untuk investasi Bitcoinnya.

“Per 30 September 2021, nilai investasi Bitcoin kami adalah US$352 juta berdasarkan harga pasar, atau US$203 juta lebih besar dibanding nilai bawaan investasi kami,” jelas Square. [news.bitcoin.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait