spot_img
spot_img

Associated Press Bakal Jadi Node Chainlink (LINK)

Adopsi dunia nyata dari kripto kembali hadir dari kemitraan antara Chainlink (LINK) dan salah satu kantor berita terbesar di dunia, Associated Press.

Terjalinnya kemitraan ini didasarkan untuk menyediakan sumber data yang andal yang masih menjadi suatu masalah sentral dalam industri jurnalisme.

Apa Itu Chainlink?

Chainlink adalah jaringan node terdesentralisasi yang menyediakan data dan informasi dari sumber di luar blockchain ke kontrak pintar di blockchain melalui oracle (middleware berupa smart contract).

Sederhananya, Chainlink ada untuk menghubungkan kontrak pintar dengan data dari dunia nyata.

Karena blockchain sejatinya tidak dapat mengakses data di luar jaringannya sendiri, oracle  dihadirkan sebagai penyuplai data dalam kontrak pintar.

Dalam kasus Chainlink, oracle terhubung ke jaringan Ethereum. Oracle menyediakan data eksternal, yang memicu pelaksanaan kontrak pintar setelah memenuhi kondisi yang telah ditentukan.

Bermitra dengan Associated Press 

Dan pada kemitraan Chainlink dengan Associated Press, kantor berita ini akan menjalankan node Chainlink dan akan mulai mengunggah kumpulan data yang signifikan dengan teknologi Chainlink untuk menjamin keandalan informasinya.

Berdasarkan informasi resmi dari Associated Press (AP), data nantinya akan dipasok dan dijual langsung ke aplikasi yang berjalan di berbagai blockchain. Data akan ditandatangani secara kriptografis untuk memverifikasi bahwa data tersebut berasal dari kantor berita tersebut.

Diketahui, data yang akan dibagikan adalah seputar balapan AS, data ekonomi, hasil pertandingan olahraga, serta keuangan dan bisnis.

Dan nantinya, Chainlink akan membuat antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang kompatibel, dapat diakses dan dapat dimonetisasi dengan mudah dalam blockchain apa pun.

“AP telah memantapkan dirinya sebagai salah satu organisasi berita independen paling tepercaya di dunia untuk berita real-time dalam semua format. Mengingat penyimpanan fakta dan data yang besar dan terus berkembang, dikombinasikan dengan infrastruktur oracle Chainlink yang telah terbukti untuk menyediakan umpan data yang andal di seluruh jaringan blockchain terkemuka, masuk akal bagi AP untuk meluncurkan node oracle Chainlink dan mendukung inovasi dalam industri kontrak pintar yang sedang berkembang,” ujar William Herkelrath, Direktur Pelaksana di Chainlink Labs.

tentu saja, ada prospek cerah dari kemitraan ini terhadap kripto asli Chainlink, LINK, yang saat ini memang sedang mencoba untuk pulih. Apakah ini akan memberi dampak besar bagi LINK? Mari kita saksikan. [st]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait