Authenium dan Agenia Tuntaskan Transaksi Rantai Pasok Otomatis Berbasis Smart Contract Pertama di Dunia

121

Authenium, platform blockchain dan smart contract yang scalable, serta Agenia, ekosistem pengadaan digital, berhasil menuntaskan transaksi rantai pasok otomatis (supply chain automation) berbasis smart contract bagi UMKM. Menggunakan Authenium dan Agenia, Da’im Donuts membeli bahan baku secara digital dari grup agribisnis terkemuka Asia, Wilmar International Limited; dan pewaralaba Da’im Donuts melakukan proses pengisian kembali secara otomatis (auto replenishment).

“Transaksi-transaksi ini direkam ke blockchain Authenium dengan komponen Ethereum dan algoritma-algoritma kriptografi terdepan yang diakui oleh National Institute of Standards and Technology Amerika Serikat. Fungsinya adalah agar tidak seorangpun dapat melihat atau meretas data tanpa kunci pemiliknya,” sebut tim Authenium dalam siaran persnya.

IKLAN

Agenia adalah aplikasi pertama yang menggunakan teknologi smart contract Authenium untuk otomatisasi rantai pasok dalam ekosistem pengadaan digital.

BERITA TERKAIT  Spesialis Blockchain Digaji Rp321 Juta Per bulan

“Agenia menyediakan kemudahan dalam pengelolaan stok barang. Auto replenishment memberikan kepastian bagi para pembeli waralaba untuk mendapatkan bahan baku yang tepat di waktu yang tepat dengan harga dan payment terms yang tepat,” kata Imam Munasir, Pemilik Da’im Donuts.

Sistem pengelolaan stok barang terdistribusi Agenia dilengkapi dengan smart contract Authenium yang memberikan kemudahan pesanan pembelian, tagihan, pesanan pengantaran, pelacakan, konfirmasi, instruksi pembayaran, serta penanganan utang piutang secara digital.

Persetujuan dalam transaksi dipermudah dengan digital signature sesuai dengan PIN, sandi, atau sidik jari pada ponsel pintar. Efisiensi maksimum didapatkan melalui persetujuan otomatis antar aplikasi yang dikendalikan oleh jaringan smart contract.

Dalam Agenia setiap jenis aturan pembayaran dan perpajakan bisa disesuaikan dalam smart contract Authenium. Ketika transaksi berhasil dilakukan setiap pihak dalam rantai pasok akan mendapatkan kompensasi sesuai dengan perhitungan harga, diskon, rabat, dan pajak yang tepat.

BERITA TERKAIT  Bank Sentral Thailand Sukses Pakai Blockchain Corda

Pembayaran akan dibuat sesuai dengan persyaratan dan ketentuan. Mitra layanan uang elektronik dan payment gateway mengeksekusi transfer dana antar rekening bank atau dompet digital.

Keberhasilan Authenium dan Agenia ini menjadi milestone dalam sejarah teknologi dunia. Kini masyarakat UMKM dapat berkolaborasi dalam rantai pasok yang otomatis, lebih efisien, handal, dan aman; dengan biaya yang lebih rendah. Industrial automation, yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh perusahaan besar, sekarang dapat dinikmati oleh semua ukuran usaha.

“Saat ini paradigma paling elegan dalam melayani transaksi ekonomi skala massal [milyaran pelaku] adalah penggunaan jutaan smart contract yang berkolaborasi secara otomatis dengan protokol yang tepat,” ujar Rusmin Dirgantoro, Chief Protocol Architect Authenium. [Red]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini