spot_img
spot_img

Bank Besar AS Ini Bisnis Trading Kripto

Bank of New York Mellon bergabung ke gerakan kripto baru dengan menawarkan dukungan kustodian bagi bursa kripto baru yang diusung oleh bank State Street di AS.

Kanal berita Financial Times melansir, BNY Mellon telah bergabung ke konsorsium yang terdiri dari enam bank. Konsorsium tersebut mendukung peluncuran Pure Digital, platform perdagangan kripto baru asal London, Inggris, yang dijadwalkan mengeksekusi perdagangan Bitcoin (BTC) pertamanya dalam waktu dekat.

Platform baru tersebut disorot oleh industri pasar modal pada bulan April ketika State Street mengungkap rencana menyediakan infrastruktur perdagangan ke bursa Pure Digital melalui anak perusahaan teknologi bursa valas, Currenex.

Pure Digital, yang merupakan platform tingkat institusi, diperkirakan akan menjadi pasar over-the-counter yang sepenuhnya terotomatisasi bagi aset kripto dan menghadirkan fitur pengiriman fisik serta kustodian bank.

Menurut Financial Times, BNY Mellon dan State Street beserta bank-bank anggota konsorsium di balik Pure Digital akan menciptakan tempat perdagangan kripto tunai agar bersaing dengan pemain industri besar lain.

“Kami telah berbicara ke semua bank terbesar tetapi kami pikir bank kustodian termasuk yang pertama yang menerima permintaan sehingga mereka lebih maju,” jelas CEO Pure Digital Lauren Kiley.

Co-founder Pure Digital Campbell Adams menekankan perusahaannya berharap dapat mengaktifkan perdagangan dalam satu pekan, dimana perdagangan pertama rencananya melibatkan Bitcoin.

Ia juga menjelaskan Pure Digital tidak khawatir bekerjasama dengan lembaga perbankan. Adams yakin kontribusi bank sangat penting bagi adopsi industri kripto. Menurutnya, pasar kripto membutuhkan bank dan tidak bisa bertumbuh besar tanpa bantuan bank.

Berita ini menjadi pencapaian penting bagi adopsi kripto oleh lembaga keuangan di AS dimana BNY Mellon dan State Street semakin terlibat dalam industri kripto.

Setelah mengumumkan rencana kustodian kripto pada bulan Februari lalu, BNY Mellon mantap memasuki sektor kripto. Pekan lalu, BNY Mellon menjadi penyedia layanan exchange-traded fund (ETF) Bitcoin bagi pengelola aset kripto Grayscale Investments.

State Street dikenal atas kolaborasi uang digital dengan Gemini, bursa kripto besutan Winklevoss bersaudara. Bulan lalu, bank itu meluncurkan divisi keuangan digital yang khusus fokus di bidang kripto, teknologi blockchain dan mata uang bank sentral. [cointelegraph.com/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait