Bank Besar Australia Batasi Transaksi Nasabah Dari dan Ke Crypto Exchange

Commonwealth Bank (CBA) Australia telah mengambil langkah baru untuk melindungi nasabahnya dari risiko penipuan yang terkait dengan pembayaran ke crypto exchange.

Langkah-langkah ini mencakup penolakan atau penahanan pembayaran tertentu selama 24 jam sebelum akhirnya diproses.

Selain itu, Bank juga akan memperkenalkan batasan bulanan sebesar US$10.000 untuk pembayaran nasabah ke crypto exchange dalam beberapa bulan mendatang.

James Roberts, Manajer Umum Layanan Pengelolaan Penipuan Grup Commonwealth Bank, menjelaskan bahwa peningkatan minat konsumen terhadap cryptocurrency telah memicu serangan penipuan.

“Para penipu di seluruh dunia memanfaatkan tren ini dan menyamar sebagai peluang investasi yang sah atau mengalihkan dana ke crypto exchange,” terang Roberts, dalam laman resmi CBA Australia, baru-baru ini.

“Dengan peningkatan kejadian penipuan dan dalam banyak kasus nasabah mengalami kerugian signifikan akibat tertipu, pengenalan penahanan selama 24 jam, penolakan, dan batasan pada pembayaran keluar ke crypto exchange akan membantu mengurangi jumlah penipuan dan jumlah uang yang hilang oleh nasabah di Australia,” katanya menjelaskan.

CBA juga telah melakukan kerja sama dengan Telstra untuk melindungi nasabahnya dari penipuan telepon.

Kerjasama ini menunjukkan perlunya pendekatan yang melibatkan seluruh ekosistem dalam mengatasi penipuan.

Pelanggan yang melakukan pembayaran ke pertukaran mata uang kripto saat ini menghadapi risiko yang lebih tinggi untuk menjadi korban penipuan.

Meskipun langkah-langkah ini tidak akan menghilangkan risiko sepenuhnya, mereka merupakan bagian dari upaya yang dilakukan untuk membantu nasabah mengurangi risiko tersebut.

Selain itu, CBA juga telah memperkenalkan teknologi anti-penipuan yang terkemuka, NameCheck, kepada organisasi eksternal yang memproses pembayaran di Australia.

NameCheck menggunakan teknologi canggih dan data pembayaran untuk memastikan bahwa rincian akun yang dimasukkan benar dan uang dikirim ke akun yang tepat.

Saat ini, teknologi ini telah tersedia bagi nasabah melalui Aplikasi CommBank, NetBank, dan CommBiz untuk nasabah bisnis.

CBA menyadari bahwa penanggulangan penipuan membutuhkan pendekatan yang melibatkan seluruh ekosistem.

Roberts mengatakan, di seluruh Australia, diperlukan pendekatan seluruh ekosistem untuk memerangi penipuan.

“Kami berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi yang lebih luas bersama pemerintah, regulator, bank, perusahaan telekomunikasi, dan sektor industri lainnya untuk menjaga keamanan penduduk Australia,” tegas Roberts.[ab]

Terkini

Warta Korporat

Terkait