Bank Digital Terbesar Swiss Bangun Bursa Kripto Sendiri Mulai Tahun 2022

Bank digital terbesar Swiss, Swissquote, mengumumkan rencana untuk mengembangkan platform bursa perdagangan kripto sendiri mulai semester pertama tahun 2022.

Dalam wawancara dengan finews.asia, Manajer Penjualan Swissquote, Jan De Schepper, menjelaskan cita-cita bank digital tersebut mencakup mendirikan bursa kripto sendiri.

“Kami ingin menambahkan perdagangan bagi beragam aset kripto di platform ini,” kata De Schepper.

Rencana lain Swissquote terkait kripto termasuk menjadi penyedia terdepan bagi aset digital. Demi mencapai hal tersebut, broker itu berencana memperluas penawaran kripto sehingga mencakup stablecoin dan layanan staking yang saat ini diminati pegiat kripto.

Peluncuran bursa kripto Swissquote diperkirakan akan mengakibatkan penambahan dramatis bagi jumlah platform perdagangan aset digital di Swiss.

Bursa saham Swiss, SIX, belum lama ini memperkenalkan SDX, bursa digital terlisensi penuh yang sudah operasional. Selang beberapa hari kemudian, bank daerah Swiss, Berner Kantonalbank, mengumumkan SMEIX, platform bagi perdagangan indeks saham dengan kapitalisasi pasar kecil.

Selain itu, regulator memberikan izin bagi bank kripto Sygnum untuk mendirikan sistem trading baru pada bulan September tahun 2020 silam.

Swissquote sudah menambah jumlah pegawai sebagai tanggapan terhadap membludaknya minat bagi koin dan token digital yang bermulai pada musim semi tahun ini. Bank tersebut berencana terus merekrut untuk mendorong pengembangan tambahan.

“Tim ketaatan hukum dan layanan pelanggan hampir dibuat kewalahan oleh demam kripto,” jelas De Schepper.

Penggenjotan perekrutan tersebut berhasil memotong waktu tunggu bagi pelanggan yang menelpon kantor Swissquote. Kendati demikian, membuka rekening dapat memakan waktu hingga satu pekan dalam kasus langka dimana kejelasan ekstra dibutuhkan.

Mayoritas lembaga keuangan Swiss berhati-hati terhadap kripto dikarenakan alasan regulasi. Tetapi dengan pasar kripto yang bergairah tahun ini, sikap tersebut berubah. Bank-bank tradisional berusaha menyusul perkembangan yang terjadi di sektor kripto.

Dalam semester pertama tahun 2021, penghasilan bersih dari investasi kripto melambung hingga lebih dari 1.000 persen dan mencapai US$68,3 juta. Swissquote mengantisipasi penghasilan sebelum pajak akan berlipat ganda sebelum akhir tahun 2021.

Di saat yang sama, Swissquote memrediksi pengeluaran akan turut membengkan sebagai akibat investasi besar-besaran bagi infrastruktur digital. [finbold.com/ed]

spot_img

Terkini

Terkait