spot_img
spot_img

Bank Korea Uji Coba CBDC di Ponsel Samsung Galaxy

Kanal berita The Korea Times melansir, bank sentral Korea Selatan memulai uji coba uang digital melalui ponsel Galaxy milik perusahaan teknologi multinasional Samsung Electronics.

Bank Sentral Korea dan CBDC 

Pada bulan Mei silam, Bank of Korea mengumumkan akan menggelar lelang untuk memilih penyuplai teknologi bagi proyek CBDC.

Setelah melalui persaingan sengit, kontrak tersebut diberikan ke Ground X yang memiliki platform Klaytn yang akan menampung CBDC itu. Ground X merupakan anak perusahaan di bidang blockchain dari raksasa telekomunikasi Kakao.

CBDC adalah mata uang digital bank sentral. Uang digital ini bertujuan menyediakan alternatif digital bagi mata uang fiat tradisional suatu negara. Sejumlah CBDC memakai teknologi blockchain, sementara lainnya sekedar terinspirasi oleh blockchain.

Sebagian besar negara sedang meneliti CBDC saat ini, terutama pesaing Korsel yaitu Tiongkok yang telah menjalankan tahap rintisan yuan digital sejak April lalu.

Menguji di Ponsel Samsung Galaxy

Proyek rintisan Bank of Korea, yang meluncur pada 28 Juni silam, membidik untuk menguji kemudahan pembayaran digital melalui ponsel Galaxy.

Seorang sumber anonim dari bank sentral Korea berkata, “Program tersebut bertujuan mencari tahu apakah mungkin untuk melakukan pembayaran melalui ponsel memakai uang digital tanpa sambungan internet, atau mengirim remitansi CBDC ke ponsel lain atau ke rekening bank lain yang terhubung.”

Tahap pertama proyek rintisan akan berjalan hingga Desember kemudian diuji dari sisi kecocokan teknologi. Tahap kedua yang berjalan dari Januari hingga Juni mendatang akan mengkaji kemudahan Bank of Korea memperluas usaha perbankan dengan menerapkan CBDC.

Samsung telah mengintegrasikan aset kripto ke jajaran ponsel pintarnya sejak 2019. Peluncuran S10, dengan dompet kripto sudah di dalamnya, disusul pada tahun 2020 oleh varian S20.

S20 memiliki fungsi blockchain terpadu dengan Blockchain Keystore, fitur yang membantu pengguna menyimpan private key dompet kripto secara aman di ponsel.

Bila proyek rintisan tersebut berhasil, Korea Selatan akan menjadi negara pertama yang memiliki CBDC sebagai alternatif terhadap layanan seperti Apple Pay dan Google Pay dimana pengguna dapat melakukan pembayaran melalui ponsel tanpa harus terhubung dengan internet. [decrypt.co/ed]

spot_img

Terkini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Terkait