Bank Sentral Brazil Tangguhkan Pembayaran Pakai WhatsApp

108

Bank Sentral Brazil memerintahkan Mastercard dan Visa menangguhkan pemrosesan transfer uang pada platform WhatsApp di negara tersebut.

Cointelegraph Brazil melansir, Bank Sentral Brazil menindak WhatsApp Pay demi menciptakan lingkungan persaingan yang sehat dan agar bank sentral bisa mengkaji resiko layanan tersebut bagi sektor keuangan di negara itu.

Akibat langkah Visa dan Mastercard membantu WhatsApp milik Facebook itu, dapat dikenakan denda berat dan sanksi administratif jika mereka tidak menangguhkan aktivitas terkait pembayaran WhatsApp.

Bank sentral melakukan penangguhan operasional WhatsApp Pay di Brazil dengan dalih bank tersebut mengambil tindakan untuk memastikan jalannya sistem pembayaran yang interoperable, cepat, aman, transparan, terbuka dan murah.

BERITA TERKAIT  Pendiri Ethereum: Kripto Libra Itu "Serigala Berjubah Domba"

Langkah ini memberikan waktu bagi bank sentral untuk mengkaji resiko WhatsApp Pay terhadap sistem pembayaran Brazil dan memverifikasi kepatuhan hukum.

Awal bulan ini, WhatsApp meluncurkan sistem pembayaran di Brazil menyusul uji coba selama dua tahun di berbagai negara berkembang.

Brazil merupakan pangsa pasar terbesar kedua bagi WhatsApp dengan jumlah pengguna lebih dari 120 juta.

Kendati menindaki WhatsApp dengan tegas, bank sentral mengumumkan WhatsApp Pay akan terpadu dengan PIX, sistem pembayaran digital besutan bank sentral tersebut, yang mirip blockchain.

Berbicara kepada Bloomberg, juru bicara WhatsApp menyatakan perusahaan itu mendukung proyek PIX dan berencana bergabung dengan sistem pembayaran digital tersebut.

“Kami mendukung proyek PIX bank sentral Brazil di bidang pembayaran digital, dan bersama dengan mitra kami, kami berkomitmen bekerjasama dengan bank sentral untuk memadukan sistem kami ketika PIX sudah tersedia,” jelas WhatsApp. [cointelegraph.com/ed]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO