Bank Sentral Jerman Sukses UjiCoba Blockchain untuk Sistem Pembayaran

Bank Sentral Jerman dan bank Deutsche Börse hari ini mengumumkan keberhasilan mengujicoba dua protipe sistem settlement berbasis blockchain. Sistem itu dikembangkan bersama oleh mereka sejak Februari 2017. Dijelaskan, bahwa sistem itu mampu menjalankan pembayaran biasa, pembayaran bunga, transaksi sekuritas dan pembayaran ulang bagi pertumbuhan obligasi. Disebutkan pula, sistem itu dibuat memanfaatkan Hyperledger Fabric versi 1.0 dan platform Digital Asset, perusahaan yang didirikan oleh Blythe Masters.

“Ujicoba prototipe tersebut adalah langkah penting bagi sistem keuangan Jerman, sebelum diterapkan pada penggunaan nyata. Hasil pengujian menunjukkan kedua protipe itu secara baik mampu menangani transaksi yang biasa terjadi pada infrastruktur pasar keuangan dan keduanya berpotensi dikembangkan lebih lanjut,” jelas Bank Sentral Jerman dalam laporan itu.

“Selama proyek ini berlangsung, Bank Sentral Jerman dan Deutsche Börse memahami lebih jauh soal penggunaan teknologi ini, termasuk penerapan konkretnya. Kami mengharapkan perkembangan lebih baik terus berlanjut, khususnya dalam penanganan transaksi bervolume tinggi,” kata Burkhard Balz, Anggota Dewan Pelaksana Bank Sentral Jerman. [vins]

 

IKLAN
spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait