Bank Sentral Kanada & Singapura Sukses Ujicoba Teknologi Blockchain

287

Bank Sentral Kanada (BOC) dan Bank Sentral Singapura (MAS) mengklaim telah berhasil mengujicoba teknologi blockchain untuk pembayaran lintas negara. Ujicoba itu disebutkan menggunakan “mata uang digital” yang diterbitkan oleh bank sentral.

“Ini adalah ujicoba pertama oleh kedua bank sentral dan memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dan menekan resiko pembayaran lintas negara,” sebut Bank Sentral Singapura melalui situs webnya, Kamis (02/05).

Kedua bank sentral itu sebenarnya sudah meneliti dan mengembangkan teknologi itu sejak tahun 2016 melalui Proyek Jasper-Ubin. Proyek itu mengacu pada penerapan dua teknologi blockchain yang berbeda. Sistem yang digunakan pada BOC berjalan pada platfrom Corda. Sedangkan di MAS adalah Quorum. Proyek Jasper-Ubin juga didukung oleh Accenture dan JPMorgan, bank besar yang belum lama ini membuat token digital berbasis blockchain, JPCoin.

Sopnendu Mohanty, Chief FinTech Officer, MAS, mengatakan Proyek Jasper-Ubin dibangun berdasarkan sejumlah inovasi di sektor pembayaran yang telah ada sebelumnya. Sistem ini telah membuktikan bahwa pembayaran lintas negara dan penyelesaian (settlement) berlangsung lebih sederhana, aman dan lebih efisien dibandingkan dengan sistem konvensional.

“Ini adalah gelombang masa depan bagi penerapan teknologi blockchain di bank sentral, sekaligus sebagai pemicu hadirnya aturan-aturan baru yang terkait. Kami berharap bank sentral lain bisa ikut serta dalam langkah ini, agar industri keuangan merasakan manfaatnya,” kata Mohanty. [vins]

Ikuti media sosial kami

Ingin Beriklan? Klik di Sini