Bank Thailand Ini Pakai Blockchain, Kirim Uang Lintas Negara Jadi Cepat dan Murah

278

Sejumlah bank besar di Thailand kian giat menerapkan teknologi blockchain agar biaya pengiriman uang lintas negara semakin murah. Salah satunya yang terbaru adalah Siam Commercial Bank (SCB) yang menggunakan sistem uang elektronik blockchain buatan Ripple.

Menurut SCB, teknologi blockchain itu disematkan ke dalam aplikasi SCB Easy. Aplikasi itu sendiri telah tersedia sejak Nobember 2017. SCB berharap, dengan adanya blockchain, biaya pengiriman uang lintas negara menjadi lebih murah bagi 6 juta pengguna aplikasi dan 16 juta nasabahnya atau setara dengan lebih dari dua pertiga populasi Thailand.

Di Google Play Store aplikasi itu telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Sedangkan di App Store Apple, lebih dari enam juta orang menggunakan aplikasi ini.


Wakil Presiden SCB, Arthit Sriumporn, mengatakan delapan dari sepuluh negara yang menggunakan pembayaran mobile berlokasi di Asia. Sedangkan untuk Thailand, 67 persen populasinya adalah pengguna aktif berbagai aplikasi pembayaran mobile.

BERITA TERKAIT  Huobi, Exchange Terbesar Ketiga di Dunia Resmi Beroperasi di Indonesia

“Sangat sulit untuk mengirim dan menerima uang dengan teknologi tradisional. Orang harus secara fisik pergi ke cabang bank, mengisi formulir yang panjang dan rumit dan menunggu pembayaran diterima, bahkan tanpa transparansi. Dengan layanan baru kami ini, warga Thailand di luar negeri dapat mengirimkan dan menerima uang secara cepat. SCB pun berencana memperluas cakupan layanan baru itu di Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam selama tahun 2020,” kata Sriumporn. [Decrypt/vins]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO