Bea Cukai Finlandia Jual Bitcoin Sitaan Setara Rp713 Miliar dan Akan Didonasikan ke Ukraina

Aksi jual Bitcoin tentu saja tak hanya bisa dilakukan perusahaan sekelas Tesla. Kemarin, pihak bea cukai Finlandia (Tulli) mengumumkan telah menjual Bitcoin (BTC) sitaan senilai 46,5 juta euro atau setara dengan Rp713 miliar. Uang tunai itu akan didonasikan ke Ukraina.

Berdasarkan siaran pers yang dirilis, Kamis (20/7/2022), sebanyak 1.889,1 BTC hasil penyitaan itu sebagian besar adalah buah hasil penyidikan kasus narkotika sebelum tahun 2018.

“Bea Cukai Finlandia telah menjual 1.889 BTC. Negara memperoleh sekitar 46,5 juta euro total hasil dari penjualan ini. Bea Cukai juga telah menyita kripto lainnya, tetapi karena penyelidikan awal atas kasus lain sedang berlangsung, maka jenis dan nilai kriptonya belum dapat diungkapkan,” sebut mereka.

Sebelumnya semua Bitcoin itu, setelah lewat putusan pengadilan menjadi kewenanngan negara untuk menyimpannya, hingga akhirnya diputuskan dijual pada bulan ini.

IKLAN

jual bitcoin

Pada Juli 2021, pihak bea cukai Finlandia mengumumkan tender bagi pialang yang ingin menjual kripto sitaan itu atas nama negara.

Bitcoin mencapai harga puncak tertinggi pada November 2021, sekitar US$69 ribu per BTC tak lama setelah pengumuman tender itu. Jika saja waktunya dan BTC itu dijual di hari yang sama, maka duit yang diperoleh bisa lebih dari US$130 juta.

Finlandia Enggan Menjual 1666 Bitcoin (Rp210 Miliar) Hasil Sitaan

IKLAN

Namun, tender tersebut belum selesai hingga April tahun ini, ketika dua perusahaan dipilih untuk melakukan penjualan.

Bea cukai juga mengatakan bahwa mereka memiliki kripto lain yang disita, tetapi jumlahnya mencapai paling banyak hanya ratusan ribu euro. Lebih lanjut 90 BTC (senilai sekitar US$2 juta) tetap dalam kepemilikan agensi, menunggu keputusan pengadilan.

Pada April 2022 Menteri Keuangan Finlandia Annika Saarikko mencuit, bahwa negara tersebut akan menyumbangkan puluhan juta euro yang diperoleh melalui penjualan Bitcoin yang disita ke Ukraina, setelah invasi Rusia ke negara tersebut.

Seorang juru bicara badan bea cukai mengatakan, selama Bea Cukai Finlandia mengetahui pendapatan penjualan secara total akan disumbangkan ke Ukraina dan sumbangan tersebut telah disetujui oleh Parlemen Finlandia dalam anggaran tambahan kedua musim panas ini.

Jual Bitcoin Sitaan Oleh Negara

Finlandia bukanlah satu-satunya negara yang menjual Bitcoin yang disita dari pelaku kejahatan.

US Marshals sebelumnya telah menjual sebanyak 187.381 BTC yang disita selama sembilan lelang sejak 2014, tetapi menolak untuk menyebutkan keuntungan dalam dolar. NBC kala itu memperkirakan akan hasil penjualan mencapai US$179 juta. [ps]

spot_img

Terkini

Terkait