Bearish Pasar Kripto, Bijak Jangan Masuk Sekarang

Bearish pasar kripto tampak belum ada tanda akan berakhir, sehingga disarankan oleh pakar untuk tidak masuk sekarang.

Kini, banyak pengamat melihat bahwa pasar tengah berada di fase “musim dingin”, yang biasa disebut dengan crypto winter.

Crypto winter adalah masa di mana pasar kripto terus mengalami penurunan dalam waktu yang lama, seperti yang terjadi terakhir kali pada akhir 2017 dan awal 2018. Membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk pulih ketika harga BTC terdepresiasi 80 persen.

Namun, kata “winter” disematkan karena investor dan pengamat percaya bahwa, akan ada musim semi setelahnya, yakni fase di mana pasar kembali pulih dan membawa keuntungan untuk mereka yang bertahan. Ini terbukti di tahun-tahun setelah 2018, yang membawa harga mayoritas aset kripto ke puncak terbarunya di tahun 2021.

Persiapan Menghadapi Bearish Pasar Kripto

Tanda adanya upaya bertahan hidup dari bisnis di industri kripto untuk menghadapi bearish pasar kripto pun mulai terlihat, di antaranya seperti bursa yang mengurangi jumlah pegawai, penambang yang menjual BTC dan lainnya.

Berdasarkan laporan CNBC, William Luther, Profesor Ekonomi di Florida Atlantic University, mengatakan bahwa sangat penting bagi investor untuk menjaga sudut pandang jangka panjangnya.

“Jika Anda berpikir ini [kripto] adalah aset berharga, maka Anda yakin penggunaannya akan lebih umum di masa depan dan Anda akan melihat ini lebih sebagai swing musiman,” ujar Luther.

Tentu saja, Luther mengacu pada kondisi crypto winter yang pada akhirnya akan berakhir dan berganti ke musim semi.

Ia pun berpendapat bahwa, dengan becermin ke pergerakan harga di masa lalu, maka pasang surut di pasar kripto memang selalu ada. Bearish pasar kripto saat ini bukanlah yang pertama.

Jangan Masuk Sekarang

berpegang pada volatilitas pasar kripto, Luther mengatakan bahwa investor tidak seharusnya mengubah strategi investasi mereka.

Apa yang perlu dilakukan adalah menyeimbangkan portofolio jika nilai aset berubah. Ia menilai aset kripto setidaknya masuk dalam 1 hingga 5 persen dalam portofolio. Jangan taruh uang secara berlebihan dan lihat kripto sebagai aset investasi, bukan spekulasi.

Yang patut digarisbawahi adalah, Luther mengatakan bahwa mereka yang telah memegang uang, jangan masuk sekarang ke pasar kripto.

Ia menambahkan bahwa pergerakan pasar kripto belum ada tanda pemulihan, sehingga masuk sekarang hanya cocok bagi mereka yang punya keyakinan jangka panjang, seperti cara institusi berinvestasi.

Jika Anda tidak seperti itu, wait and see adalah pilihan terbaik saat ini. [st]

 

 

 

 

 

spot_img

Terkini

Terkait