Token OGN yang sudah tersedia di Tokocrypto memiliki beragam fungsi di situs desentralistik Origin Protocol. Di antaranya adalah sebagai metode pembayaran alternatif selain kartu kredit. Fungsi lainnya untuk menonjolkan produk Anda di laman depan. Di artikel sebelumnya kita sudah membahas cara membuat akun pedagang di Origin Protocol. Kali ini kita masuk lebih dalam cara penggunaan token OGN-nya.

Penting kami catat di awal, bahwa metode pembayaran terhadap produk (barang dan jasa) menggunakan token digital ataupun coin digital seperti Bitcoin yang berbasis teknologi blockchain, masuk dalam kategori cryptocurrency yang dilarang oleh Bank Indonesia sejak tahun 2014 dan ditegaskan kembali pada tahun 2018.

Jadi, tutorial ini adalah bentuk peragaan teknologi keuangan (fintech) yang baru dan kelak di masa depan bisa diterapkan secara legal di Indonesia, atas dasar efisiensi biaya dan waktu. Tutorial ini pun bersifat simulatif, sehingga kebijaksanaan pembaca sangat perlu disertakan.

Membeli Produk Menggunakan token OGN

  1. Kami menganggap Anda sudah menyimpan token OGN dan coin ETH di wallet Anda di MetaMask. Tutorial membuat akun di MetaMask bisa dibaca di sini dan di sini juga.
  2. Kemudian Anda harus memiliki satu akun di ShopOrigin yang terhubung dengan akun MetaMask Anda. Tutorial-nya bisa dibaca di sini.
  3. Dengan MetaMask Anda aktif, bukalah tautan berikut ini, yang berisi produk buku dari merchant bernama: “BukaTapak Cap Ayam Jago“. Merchant itu menggunakan Origin Protocol di toko online ShopOrigin yang bermarkas di Amerika Serikat. Tentukan jumlah buku yang ingin dibeli, lalu klik tombol Purchase.
  4. Klik tombol Sign In hingga MetaMask Notification muncul. Kemudian klik tombol Sign.

  5. Jika Anda diminta membuat akun, klik saja tombol Enable Origin Messaging, lalu lanjutkan mengklik Sign pada dua MetaMask Notification yang muncul.
  6. Pada tampilan yang baru, klik Continue, lalu No, Thanks, dan I’m Sure. Lanjutkan dengan mengklik OK untuk langkah berikutnya.
  7. Pada langkah Payment Method, pilih Origin Token (OGN), lalu klik Continue.
  8. Lengkapi alamat pengiriman, klik Continue.
  9. Konfirmasi pesanan Anda dengan mengklik Purchase.
  10. Ketika MetaMask muncul, klik Confirm untuk memastikan Anda menggunakan token OGN. Tunggu hingga proses perekaman ke blockchain selesai. Kemudian klik Continue pada tampilan yang baru.
  11. Setelah itu MetaMask muncul lagi, klik Confirm. Langkah ini memastikan bahwa ada sejumlah coin ETH yang turut terpotong selain token OGN. Tunggu hingga prosesnya selesai, hingga muncul tampilan Success.
  12. Kliklah tombol View Purchase Details untuk melihat rincian transaksinya. Di laman itu, selain ada rincian alamat dan lain-lain, ditempatkan pula tautan data transaksi di IPFS dan blockchain Ethereum melalui Etherscan. Dalam konteks tutorial ini, Anda bisa melihat rinciannya di sini dan di sini.

Sisi Penjual Produk
Dari sisi penjual, mereka perlu mengonfirmasi setiap pemesanan dengan men-sign di MetaMask.

Akhirul kata, kami sekali lagi menegaskan, bahwa tutorial ini adalah bentuk peragaan teknologi keuangan (fintech) yang baru dan kelak di masa depan bisa diterapkan secara legal di Indonesia, atas dasar efisiensi biaya dan waktu. Tutorial ini pun bersifat simulatif, sehingga kebijaksanaan pembaca sangat perlu disertakan. Selamat mencoba! [red]

Ikuti media sosial kami

INFO IKLAN/AD INFO