Bill Gates: Kripto dan NFT Berasaskan Konsep Kepandiran

Bill Gates kembali mengungkapkan pandangannya terhadap kripto, sekaligus NFT, yang menurutnya untuk berasaskan konsep kepandiran.

Sejak awal, Pendiri Microsoft tersebut memang bukan seorang penggemar kripto, yang tidak menganggap itu baik sama sekali. Tidak bernilai.

Bill Gates Tetap Tidak Menyukai Kripto 

Lebih dari satu dekade Bitcoin hadir di tengah-tengah kita, tetapi sang triliuner masih sama dengan pendirian lamanya, tidak menyukai kripto.

Memang, tidak hanya Gates saja yang tidak menyukai kripto, tetapi sang veteran investasi dan salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, juga tidak menyukainya.

IKLAN

Namun, Buffett masih berinvestasi di perusahaan yang membuka eksposur ke aset kripto melalui perusahaannya, Berkshire Hathaway.

Berbicara dengan TechCrunch yang dilansir oleh CNBC, Bill Gates menggambarkan fenomena seputar kripto dan NFT sebagai sesuatu yang 100 persen berasaskan teori kepandiran.

Ia mengungkapkan hal tersebut karena aset kripto dan NFT sejatinya tidaklah bernilai. Itu hanya dinilai terlalu tinggi dan harganya naik hanya ketika ada cukup banyak investor yang bersedia membayar lebih.

Terlebih, di saat pasar kripto kini tengah dilanda koreksi hebat, tentu ia semakin meyakinkan diri bahwa kripto memang tidak memiliki daya ungkit, selain dari kerumunan investor.

Dalam pembicaraan tersebut, Gates membahas dampak terhadap iklim, di mana kripto dengan konsensus proof-of-work (PoW) telah membahayakan lingkungan. Juga, penggunaan energi terlalu berlebihan.

Juga, dalam nada bercanda, mantan orang terkaya nomor satu di dunia tersebut juga mengatakan bahwa “gambar digital monyet yang mahal” akan dapat sangat meningkatkan dunia.

Tentu saja, di sini Gates sedang membicarakan tentang NFT dengan nilai fantastis, Bored Ape Yacht Club (BAYC).

“Saya terbiasa dengan kelas aset, seperti pertanian di mana mereka memiliki output, atau seperti perusahaan tempat mereka membuat produk,” kata Gates.

Baginya, aset kripto tidak memiliki “hasil” dalam nilainya, sehingga ini benar-benar aset yang dibangun dengan konsep kebodohan.

Bill Gates pun mengklaim bahwa dirinya tidak terlibat sama sekali dengan aset kripto. Dirinya pun tidak memiliki posisi semacam long atau short di kripto. [st]

 

 

spot_img
spot_img

Terkini

Warta Korporat

Terkait