Binance Akui Hanya Perlu 5 Menit Alami Kerugian US$1,6 Miliar di LUNA

CEO Binance Changpeng Zhao merilis catatan percakapan internal pimpinan perusahaan semasa krisis Terra (LUNA) dan Terra USD (UST). Krisis tersebut mengakibatkan Binance merugi US$1,6 milyar setara Rp23,4 triliun.

Binance dan Kerugian di LUNA 

Percakapan tersebut terjadi antara Zhao dengan Kepala Produk Binance, Mayur Kamat. Mereka membahas keputusan mengenai simpanan 15 juta LUNA milik Binance yang didapatkan melalui investasi awal senilai US$3 juta pada tahun 2018 silam.

Simpanan LUNA tersebut kini bernilai hanya US$2.700 setara Rp39 juta. Binance memutuskan untuk mengikhlaskan kerugian tersebut dan meminta tim Terra untuk mengganti rugi investor ritel terlebih dulu.

Catatan percakapan Binance menunjukkan, langkah tersebut diputuskan hanya dalam waktu lima menit. Kamat berkata ia merasa takjub hal tersebut dapat ditetapkan dalam waktu singkat.

Binance bisa menyelematkan aset nilai ratusan juta dolar dengan menjual LUNA ketika krisis terjadi. Tetapi keputusan Binance untuk menghindari hal itu mampu meminimalisir dampak negatif dari keruntuhan tersebut.

Crypto Slate melansir, sekalipun Binance merugi milyaran dolar, Kamat meyakini kepercayaan pengguna yang diraih lebih penting bagi Binance dalam jangka panjang. Perusahaan yang dipandang melindungi pengguna sangat disukai oleh pangsa pasar.

Di sisi lain, bisa jadi Binance tidak memiliki pilihan soal LUNA senilai US$1,6 milyar tersebut. Sebab, aset Binance disimpan memakai private key yang membutuhkan multi-signature, sehingga sulit mengakses dana sebesar itu dalam waktu singkat.

Sejak 9 Mei 2022, LUNA ambruk 98 persen dalam kurun waktu 48 jam saja. UST diperdagangkan pada harga US$0,21. Hubungan algoritmis antara LUNA dan UST menyebabkan LUNA kehilangan 100 persen nilai. Akibatnya, simpanan LUNA Binance sempat bernilai US$20,4.

Zhao mencuit Binance tidak akan menjual 15 juta LUNA pada 16 Mei 2022. Artinya, ketika keputusan dibuat, nilai aset tersebut sudah terlampau kecil untuk dijual.

Sebab itu, perilisan catatan percakapan dimana Binance terlihat rela menderita kerugian bisa merupakan bagian dari kampanye untuk membentuk citra positif perusahaan.

Tim Terra Terlampau Lelet

Tidak lama setelah keruntuhan LUNA dan UST terjadi, Zhao berkata tim Terra sangat lelet dalam mengendalikan situasi untuk membuat UST tetap bernilai 1 dolar AS.

Menurut Zhao, insiden kegagalan UST dapat dihindari jika Luna Foundation Guard (LFG) menggunakan dana cadangan ketika nilai UST mulai melemah 5 persen terhadap USD. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait