Binance Berinvestasi US$300 Juta di Awal Pendirian Terra LUNA?

Larry Cermak, Wakil Presiden Riset kanal berita The Block Crypto, membagikan dokumen yang menyatakan bursa kripto Binance berinvestasi US$300 juta setara Rp4,3 triliun di Terra (LUNA).

Dokumen tersebut diunggah sebagai tanggapan terhadap tuduhan bahwa Cermak berbohong soal klaim sebelumnya yang menduga Binance adalah investor besar bagi Terra.

CEO Binance, Changpeng Zhao yang akrab disapa CZ, membantah rumor yang mengatakan Binance berinvestasi besar di Terra. Berdasarkan berita yang beredar, ada kemungkinan investasi senilai US$300 juta tersebut tidak jadi dilaksanakan.

Cermak membagikan dokumen itu melalui Twitter dan menyatakan Binance serta pemodal ventura Jump Crypto masing-masing berinvestasi sebesar US$300 juta ke proyek Terra.

Dokumen itu turut menunjukkan investasi tersebut dicanangkan melalui putaran pendanaan senilai US$1 milyar yang diikuti oleh investor institusional lain, seperti Three Arrows Capital (3AC).

Cermak menanggapi cuitan dari akun Twitter bernama HsakaTrades yang mempertanyakan soal klaim investasi Binance sebesar US$300 juta. HsakaTrades merujuk kepada berita dimana CZ membantah rumor soal investasi Binance ke Terra.

Dalam tanggapannya, Wakil Presiden Riset The Block tersebut mengatakan ada kemungkinan putaran pendanaan tersebut tidak jadi difinalisasi.

Putaran pendanaan itu menawarkan investasi sebesar US$1 milyar kepada investor dengan alokasi masing-masing minimal US$10 juta. Valuasi LUNA pada saat itu diperhitungkan bernilai sekitar US$38 milyar berdasarkan besaran investasi.

Persyaratan pendanaan adalah diskon 40 persen dengan periode investasi empat tahun dimana 25 persen investasi akan dilepas setiap tahunnya.

Soal ketidakcocokan antara dokumen dengan klaim, Cermak tidak yakin siapa yang layak dipercaya antara pendiri Terra, yaitu Do Kwon, atau tim Binance.

“Saya pikir Binance bisa berbohong atau tidak jadi berinvestasi. Tetapi saya tidak membuat klaim abal-abal, saya hanya bingung siapa yang bisa dipercaya,” jelas Cermak, dikutip dari Ethereum World News.

Unggahan dokumen bahwa ada Binance berinvestasi di Terra. Sumber: Twitter Clemark.

Ia menambahkan, sulit untuk mempercayai CZ atau Do Kwon saat ini. Kendati demikian, Cermak menegaskan dokumen tersebut asli dan memberikan keterangan investor di putaran pendanaan tersebut.

Cermak mempertanyakan bila Binance tidak jadi berinvestasi, siapa yang mengambil porsi US$700 juta di luar US$300 juta yang diinvestasikan oleh Jump Crypto. Menurutnya, hal tersebut tidak masuk akal. [ed]

spot_img

Terkini

Terkait