spot_img
spot_img

Binance Coin (BNB) Bakal Punya Mekanisme Burning Baru?

Proposal terbaru Binance Coin (BNB) mengajukan untuk membakar biaya transaksi Binance Smart Chain (BSC) demi meningkatkan nilai BNB. Proposal tersebut dapat mengurangi total BNB yang diperoleh validator serta delegator dari staking.

Di tengah reli koin bursa kripto Binance, yakni BNB, pengembang Binance Smart Chain menulis proposal demi mempertahankan model deflasi agar memperbaiki nilai intrinsik BNB.

Menurut Binance Evolution Protocol BEP-95, pengembang BSC mempertimbangkan penambahan mekanisme burning atau pembakaran real-time. Sebagian biaya transaksi dibakar demi mengurangi suplai BNB dan mendorong harga BNB lebih tinggi akibat permintaan lebih besar.

Menurut proposal tersebut, pemilik BNB akan memutuskan cara mengelola biaya transaksi BSC.

Dalam proposal yang diterbitkan pada Jumat (22/10/2021), pengembang BSC menyatakan BEP terbaru itu dapat mengurangi total jumlah BNB yang diperoleh validator dan delegator.

Metode pembakaran diaktifkan dengan menambahkan parameter terkendali bagi dua sistem smart contract untuk mengumpulkan biaya transaksi.

Diciptakan pada tahun 2017, BNB adalah token yang memiliki rancangan deflasi. Artinya, Binance membakar sebagian suplai BNB setiap kuartal untuk mempertahankan nilai aset kripto tersebut.

Binance akan berhenti membakar BNB setelah 50 persen suplai sudah dibakar dengan sisa 100 juta BNB sebagai suplai terakhir.

Pembakaran BNB terakhir terjadi pada hari Senin lalu, dimana Binance membakar 1.335.888 BNB setara US$640 juta dalam acara pembakaran kuartal ke-17.

Proposal ini muncul di saat BNB mengalami reli besar dan menembus harga US$500 pada hari Rabu lalu. Saat ini, BNB adalah aset kripto ketiga terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar setelah Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH), dengan nilai sebesar US$80,7 milyar.

BNB diperdagangkan pada harga US$480,5, meningkat 35 persen dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Rekor harga BNB dicetak pada bulan Mei 2021, dimana aset kripto itu melambung mencapai US$686 menurut data CoinGecko.

Proposal terbaru tersebut mirip dengan mekanisme biaya transaksi yang diterapkan pembaruan London pada blockchain Ethereum. Menurut Etherchain, laju pembakaran ETH saat ini bernilai 3,76 ETH atau US$15.448 per menit. [cointelegraph.com/ed]


spot_img

Terkini

spot_img

Terkait