Binance Klaim Arus Masuk Dana Kembali Setelah Penarikan Besar-besaran

Binance, crypto exchange raksasa pimpinan Changpeng Zhao (CZ) mengklaim bahwa arus masuk dana kembali ke platform-nya setelah mengalami penarikan crypto besar-besaran pada beberapa hari lalu.

Pada Selasa (13/12/2022), berdasarkan data dari Nansen, terdapat penarikan kripto sebesar US$8 milyar. Dibandingkan arus masuk hanya US$5 milyar. Itu terjadi selama kurun waktu 7 hari hingga Selasa lalu.

Dengan besaran itu maka net flow total adalah setara US$3,6 milyar. Bahkan ketika itu Binance juga menghentikan sementara penarikan stablecoin utama USDC, lewat mekanisme “token swap“.

Prediksi Harga BNB Hari Ini

IKLAN

CEO Nansen Alex Svanevik mengatakan kepada CNBC bahwa fakta itu tersebut adalah mencerminkan kepedulian mereka terhadap pasar dengan investor tetap berhati-hati dan menarik crypto dari Binance.

Sementara itu Bos Binance, Changpeng Zhao mencoba menenangkan massa dengan mengatakan di Twitter, bahwa situasi sekarang sudah stabil.

“Sejauh ini tampaknya sudah stabil. Penarikan dana kemarin bukanlah penarikan tertinggi,” sebutnya.

Penarikan dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat itu cukup menghantam harga kripto Binance Coin (BNB) cukup signifikan hingga menyentuh US$258 dari sebelumnya US$290 dalam tujuh terakhir. Ketika artikel ini ditulis, harga BNB mulai cukup pulih masuk di kisaran US$273.

IKLAN

Mereka mengatakan pada Selasa, bahwa selalu ada lebih dari cukup dana untuk memenuhi permintaan penarikan.

Binance Fasilitasi Transaksi Kripto Iran, Bos Binance Tak Gentar Aturan Sanksi AS?

“Aset pengguna di Binance semuanya didukung 1:1 dan struktur modal Binance bebas dari utang,” kata seorang juru bicara, dikutip dari Reuters.

Perusahaan juga dalam posisi sulit dalam relasinya dengan regulator SEC di Amerika Serikat. Sebelumnya lagi, jaksa di AS bersilang pendapat soal apakah akan melanjutkan investasi terhadap Binance tentang dugaan bahwa crypto exchange itu melanggar aturan sanksi Iran dan aturan pencucian uang.

Binance juga mengatakan bahwa hari ini akan menggelar sesi ask me anything (AMA) bersama CZ, yang kuat diduga erat kaitannya dengan dinamika terkini, termasuk menjelang keputusan suku bunga The Fed dini hari nanti.

Binance sebelumnya berseteru dengan FTX sebelum bangkrut, karena bursa kripto pimpinan Sam Bankman-Fried itu disebut-sebut menyalahgunakan dana pengguna dan dialihkan ke Alameda Research. [ps]

spot_img
spot_img

Terkini

Terkait