Binance Launchpad Gelar IEO Matic Network Pakai Sistem Lotere Baru

Bursa kripto Binance akan menggelar initial exchange offering (IEO) terbaru, yaitu Matic Network, melalui platform Binance Launchpad. Matic Network adalah solusi skalabilitas layer two untuk menangani komputasi off-chain.

Binance menyatakan IEO Matic Network akan digelar mengikuti sistem lotere yang sudah ditentukan pada 24 Maret lalu. Ambang batas minimal untuk dapat berpartisipasi dalam IEO ini adalah saldo 50 Binance Coins (BNB), lebih rendah dibanding sebelumnya, yaitu 100 BNB.

Matic Network menggunakan sidechain untuk menjalankan komputasi off-chain dan memastikan keamanan kontrak pintar (smart contract) dan aplikasi desentralistik (dApp) dijaga dengan adanya kerangka Plasma dan validator Proof of Stake (PoS), sehingga mengurangi biaya transaksi bagi pengembang.

Proyek kripto ini juga telah menjadi penyumbang penting bagi ekosistem Ethereum dan banyak mengerjakan penerapan Plasma MVP (Minimum Viable Plasma). Matic Network memiliki misi menjadi platform pilihan di mana pengembang bisa merilis dan menjalankan dApp mereka.

Ada 10 miliar Matic Tokens (MATIC) yang ditawarkan dengan harga US$0,00263 unit. Suplai yang dialokasikan ke Binance Launchpad sebesar 19 persen suplai total, sementara 21,86 persen dialokasikan ke Yayasan Matic Network dan 23,33 persen bagi ekosistem token tersebut.

Pengguna Binance yang berpartisipasi berkesempatan membeli sebanyak 114.068 MATIC, atau sekitar US$300, per tiket lotere yang menang. Akan ada maksimal 16.666 tiket lotere pemenang, dan pembelian MATIC harus menggunakan token BNB.

Saldo BNB setiap pengguna Binance yang ingin ikut dalam IEO ini akan dipantau selama 20 hari untuk menentukan apakah layak ikut atau tidak. Agar dapat turut serta, pengguna harus memiliki minimal 50 BNB selama 20 hari sebelum IEO dibuka. Rasio MATIC terhadap BNB ditentukan sehari sebelum penjualan dibuka.

Jumlah BNB yang disimpan menentukan jumlah tiket lotere yang tersedia, sehingga mendorong permintaan terhadap BNB. Hal ini menyebabkan harga BNB meroket, dari sekitar US$17 per unitnya hingga sempat menyentuh US$20 sejak IEO Matic Network diumumkan.

BNB memang terus mengalami momentum meningkat sejak awal tahun, sehingga mendobrak ke jajaran 10 kripto teratas dan menyalip pesaing berat seperti Stellar Lumens (XLM), Tether (USDT) dan TRON (TRX).

Kendati demikian, respons komunitas kripto terhadap sistem lotere baru tersebut beragam. Ada yang kecewa dan merasa sistem itu tidak mendukung investor ritel kecil. Di sisi lain, ada yang melihat suplai token sebesar 19 persen lebih baik dan merupakan kemajuan dibanding IEO sebelumnya.

IEO sebelumnya yang digelar Binance Launchpad terbilang sukses luar biasa. Sebut saja BitTorrent Token (BTT) yang habis dalam hitungan menit. Selain di Binance, fenomena serupa juga terjadi di bursa kripto lain yang menawarkan IEO.

Contohnya, IEO VeriBlock di bursa Bittrex habis terjual dalam 10 detik saja. Hal ini menandakan IEO adalah tren terbaru dan sangat digemari investor dan pedagang kripto. [ambcrypto.com/ed]

 

spot_img

Terkini

Terkait